Samarinda (ANTARA Kaltim) -  Sebanyak empat sekolah di Kaltim mengikuti Lomba Sekolah Sehat Nasional setelah berhasil menjadi juara pertama tingkat Provinsi Kaltim dalam lomba yang telah diumumkan pada Hari Pendidikan Nasional pada 2 Mei 2014.

"Keempat sekolah yang mengikuti lomba sekolah sehat itu adalah TK Pembina Negeri Tanjung Selor, Kabupaten Bulungan, SD Kemala Bhayangkari Balikpapan, SMPN 21 Samarinda, dan SMA YPK Bontang," ujar Kepala Sekretariat Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) Kaltim Asli Nuryadin di Samarinda, Jumat.

Asli yang juga Kepala Bidang Pembinaan SMP dan SMA Dinas Pendidikan Kaltim ini mengatakan, bahwa pada 16-20 Juni mendatang, tim penilai dari pemerintah pusat akan melakukan penilaian terhadap empat sekolah juara 1 di Kaltim tersebut.

Dia berharap agar dari empat sekolah itu, paling tidak terdapat satu sekolah yang bisa menjadi juara di tingkat nasional baik dari jenjang TK, SD, SMP, maupun SMA.

Sejumlah kriteria yang dinilai dalam Lomba Sekolah Sehat Tingkat Nasional antara lain, penilaian terhadap Tim Pembina (TP) UKS tingkat provinsi, kabupaten, kota, dan TP tingkat kecamatan.

Ia mengatakan, aspek yang dinilai meliputi kegiatan pembinaan UKS, pemantauan oleh pembina, pelatihan, dan keterlibatan sekolah.

Sedangkan penilaian terhadap sekolah meliputi aspek kebersihan sarana dan prasarana kelas, ruang guru, kantin, toilet, air bersih, tempat cuci tangan, tempat ibadah, kondisi tempat sampah, dan UKS.

Kemudian penilaian terhadap perilaku kesehatan peserta didik, seperti pengetahuan siswa tentang UKS, perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS).

Selain itu, kata dia, penilaian terhadap pelaksanaan pelayanan kesehatan, seperti pelaksanaan penjaringan kesehatan dan penyuluhan oleh petugas Puskesmas.

Dia mengatakan tim penilai Lomba Sekolah Sehat Tingkat Nasional berasal dari lintas sektor, yakni dari Kementerian Kesehatan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Agama, dan Kementerian Dalam Negeri.

Menurut dia, dalam pengumuman lomba sekolah sehat tingkat Kaltim pada 2 Mei lalu, sekaligus diberikan uang pembinaan kepada masing-masing pemenang dengan nilai yang sama mulai jenjang TK hingga SMA, yakni juara 1 mendapat hadiah Rp25 juta, juara 2 Rp15 juta, dan juara 3 Rp10 juta.(*)

Pewarta: M.Ghofar

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2014