Penajam (ANTARA Kaltim) - Anggaran proyek penunjukan langsung (PL) yang tersebar di sejumlah Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Kabupaten Penajam Paser Utara, tahun anggaran 2014 mencapai Rp200 miliar.

"Jumlah proyek PL dengan pagu anggaran di bawah Rp200 juta mencapai 1.000 paket. Proyek itu tidak perlu melalui proses lelang di Unit Lelang Pengadaan (ULP) karena proyek yang harus melalui mekanisme lelang pagu anggarannya di atas Rp200 juta," ungkap Kepala Bagian Pembangunan Setkab Penajam Paser Utara, Edi Subiantoro, Kamis.

Dari jumlah paket proyek PL tersebut, kata Edi Subiantoro, terbanyak di Dinas Pekerjaan Umum, termasuk proyek semenisasi, pembangunan dan perbaikan drainase.

Bahkan, anggaran Dinas Pekerjaan Umum, lanjut dia, tersedot sekitar 30 persen untuk PL dari total anggaran proyek Dinas Pekerjaan Umum tahun ini yang mencapai Rp600 miliar.

"Proyek PL ini mengalami peningkatan dibandingkan pada APBD 2013. Tapi saya tidak tahu secara persis jumlah proyek PL tahun sebelumnya, yang jelas mengalami lonjakan karena tahun ini jumlahnya cukup banyak mencapai 1.000 paket," kata Edi Subiantoro.

Melihat jumlah proyek PL yang cukup banyak tersebut, lanjut Edi Subiantoro, tidak semua proyek itu bisa terealisasi sampai akhir tahun ini karena jumlah pejabat pelaksana teknis kegiatan (PPTK) di masing-masing SKPD tidak sebanding dengan banyaknya proyek PL.

"Tidak mungkin satu PPTK itu mampu mengerjakan dokumen sekian puluh proyek PL. Makanya, saya perkirakan paling 60 persen saja proyek PL itu bisa terealisasi," ujar Edi Subiantoro.

Sementara, untuk proyek tahunan yang dinilainya cukup besar, tambah Edi, sampai saat ini dalam tahap pelelangan yang sebagian besar untuk perencanaan.

"Setelah perencanaan selesai dikerjakan, maka langkah selanjutnya melakukan pelelangan untuk fisik. Sampai saat ini, sudah sekitar 20 persen dari total proyek tahunan yang sudah melalui proses lelang," ungkap Edi Subiantoro.  (*)

Pewarta: Bagus Purwa

Editor : Amirullah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2014