Pangdam VI/Mulawarman Mayor Jenderal TNI Tri Budi Utomo meresmikan Rumah Sakit (RS) Dr. R.Hardjanto atau RS Tentara Balikpapan Jalan Tanjung Pura, setelah selesai di renovasi.

"Meningkatnya kebutuhan pelayanan dunia kesehatan yang semakin berkualitas, cepat, tepat, dan akurat, mendorong institusi kesehatan termasuk di dalamnya Rumah Sakit tingkat II dr. R. Hardjanto untuk berbenah diri terutama meningkatkan kualitas pelayanan," kata Pangdam VI Mulawarman Tri Budi Utomo di Balikpapan Senin (22/1).

Dia  menyebutkan Rumah Sakit Hardjanto akan meningkatkan keberadaan alat-alat medis yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan memberikan fasilitas pelayanan yang baik, sehingga kenyamanan terhadap pasien semakin terjaga.

Tri Budi Utomo pada kesempatan itu meresmikan renovasi ruang Poli Mata, Poli Kulit dan Ruang Nastiti Rumah Sakit Dr. R. Hardjanto Balikpapan. 

"Saya berpesan kepada personel Kesdam VI/Mulawarman  dan pihak rumah sakit TK. II Dr. R. Hardjanto Balikpapan, satu hal yang perlu saya ingatkan bahwa semua ini dibangun dengan biaya yang cukup besar," tuturnya.

Oleh karena itu, dalam ia meminta agar dipelihara dan dirawat dengan sebaik-baiknya, kemudian melakukan koordinasi terutama dalam pemeliharaan, karena yang menjadi titik kelemahan selama ini dalam menggunakan fasilitas bangunan adalah kurangnya perhatian terhadap pemeliharaan dan pengamanan-nya.

"Membangun lebih mudah dari pada memelihara, hendaknya memberi arti dan makna yang dalam bagi upaya terpelihara dan terjaminnya usia pakai sarana dan prasarana ini." katanya.

Sebelum meresmikan renovasi Rumah Sakit Dr. R. Hardjanto , Pangdam Tri Budi Utomo sebelumnya menghadiri rapat kerja Dewan Pengawas Rumah Sakit  Tahun Anggaran (TA) 2024 yang berlangsung di Aula Kesdam VI/Mulawarman.

"Saya berterima kasih dan berharap dapat membawa kemajuan yang lebih baik bagi peran Rumah Sakit ini di masa akan datang dalam menyelenggarakan dukungan kesehatan dan pelayanan kesehatan yang prima dan paripurna terhadap prajurit, PNS dan keluarganya dalam mendukung tugas Kodam VI/Mulawarman," tuturnya.

Diketahui sebelumnya, Kepala Staf Khusus Kepresidenan Jendral TNI (purn) Moeldoko pernah memberikan catatan kepada Rumah Sakit  tersebut saat berkunjung pada awal Februari tahun lalu penambahan fasilitas berupa ruang khusus VIP dan lainnya.

Terlebih lagi, saat itu Moeldoko mencermati letak Rumah Sakit Dr.Hardjanto yang cukup strategis karena menjadi pilihan rumah sakit bagi warga sekitar Ibu Kota Nusantara (IKN). Maka menurutnya sudah sepatutnya dilakukan peningkatan pelayanan kesehatan, lebih lagi sebagai rumah sakit penyangga IKN.

Kendati demikian untuk renovasi tentu butuh anggaran, maka Moeldoko akan mengupayakan anggaran agar penambahan fasilitas di RS dr R Hardjanto bisa terpenuhi.

 

Pewarta: Muhammad Solih Januar

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024