Pengurus Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur, masa bakti 2023-2027 berkomitmen bekerja untuk meningkatkan prestasi olahraga di daerah yang akrab disapa Benuo Taka itu.
 
"Kami bersama-sama dengan kepengurusan yang baru dilantik hari ini akan bekerja keras dalam peningkatan prestasi," tegas Ketua KONI Kabupaten Penajam Paser Utara Arpan di Penajam, Sabtu.
 
KONI, lanjut dia, bakal melaksanakan sejumlah program untuk memajukan dunia olahraga di Kabupaten Penajam Paser Utara, di antaranya pengembangan sumber daya manusia (SDM) di bidang olahraga karena peningkatan prestasi olahraga membutuhkan SDM yang memiliki komitmen tinggi untuk olahraga.
 
"Kemudian berkaitan juga dengan penyediaan sarana prasarana dan mencoba mencari bapak asuh atau bapak angkat untuk setiap cabang olahraga," tambahnya.
 
KONI Kabupaten Penajam Paser Utara bakal melakukan pembinaan olahraga berkesinambungan melalui turnamen atau kejuaraan olahraga tingkat kabupaten dan kecamatan, hingga kelurahan dan desa.
 
"Dalam waktu dekat kami gelar kejuaraan semua cabang olahraga menjadi rangkaian kegiatan peringatan hari ulang tahun kabupaten pada Maret," ujarnya.
 
Sementara itu Ketua KONI Provinsi Kalimantan Timur Rusdiansyah Aras berharap KONI Kabupaten Penajam Paser Utara dapat menghidupkan turnamen olahraga di daerah sebagai program pencairan bibit unggul atlet.
 
"Hidupkan dan kembangkan olahraga di Kabupaten Penajam Paser Utara untuk menjaring atlet berbakat di daerah," ucapnya.

Hal senada disampaikan Penjabat Bupati Penajam Paser Utara Makmur Marbun yang menyatakan tugas KONI tidak mudah karena banyak tantangan yang harus dihadapi untuk meningkatkan prestasi olahraga daerah.
 
Oleh karenanya, Makmur meminta pengurus KONI Kabupaten Penajam Paser Utara menyusun program kerja yang selaras dengan kebutuhan peningkatan prestasi olahraga di Benuo Taka.

Pewarta: Nyaman Bagus Purwaniawan

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024