Samarinda (ANTARA Kaltim) - Pendirian SMA Pasiad bekerjasama dengan Turki di Provinsi Kaltim hingga kini terus dimatangkan dan ditargetkan pada 2015-2016 bisa terealisasi, sehingga ke depan lulusan SMP di daerah ini tidak perlu masuk SMA Pasiad di provinsi lain.

"Pemilihan lokasi untuk pendirian SMA Pasiad sudah ditetapkan, yakni di SMA 3 Unggulan Tenggarong, Kabupaten Kutai Kartanegara. Hingga kini persiapannya terus dilakukan oleh tim di kabupaten itu," ujar Kepala Bidang Pembinaan SMP dan SMA Dinas Pendidikan Kalimantan Timur (Kaltim) Asli Nuryadin di Samarinda, Rabu.

Pacific Countries Social and Economic Solidarity Association (Pasiad) atau Asosiasi Solidaritas Sosial untuk Negara-negara Pasifik)) adalah sebuah yayasan di Indonesia yang pusatnya di Turki. Lembaga ini memiliki sistem pengembangan pendidikan yang profesional dan bermanajemen internasional.

"Tingkat profesionalisme pengembangan pendidikan di Pasiad itu telah terbukti dapat mencetak siswa unggul dan mampu bersaing secara internasional, maka banyak lulusan SMP dari Provinsi Kaltim yang berminat sekolah di SMA Pasiad," ujarnya.

Sekolah-sekolah bermanajemen Pasiad yang menjadi incaran sejumlah pelajar asal Kaltim itu adalah SMA Semesta Semarang, SMA Pribadi Bilingual Bandung, SMA Kharisma Bangsa Jakarta, SMA Kesatuan Bangsa Yogyakarta, dan SMA Pasiad lain di Indonesia yang totalnya ada delapan unit.

Dalam keterangan terpisah Ketua Komisi Sumberdaya Manusia Dewan Riset Daerah (DRD) Kutai Kartanegara Tulus Sutopo mengatakan bahwa persiapan pendirian SMA Pasiad di SMA 3 Unggulan Tenggarong sudah matang, bahkan pada September 2013, Bupati Kukar Rita Widyasari sudah menerima rombongan pengelola Pasiad untuk membicarakan rencana tersebut.

Rombongan yang datang saat itu dipimpin Husen Khan dari Pasiad Turki, kemudian M Haris dari Pasiad Indonesia yang merupakan mitra kerja Yayasan Pasiad.

Kerja sama dengan lembaga itu dilakukan karena Pasiad merupakan asosiasi solidaritas sosial dan ekonomi dengan negara-negara pasifik yang didirikan di Istambul, Turki.

Untuk jangka panjang adalah untuk pengembangan bidang pendidikan, sosial, budaya, dan ekonomi dengan tanpa membeda-bedakan bahasa, agama, warna kulit, dan kebangsaan.

Pasiad juga telah membuka perwakilan di Republik Rakyat Tiongkok (RRT), Jepang, Korea Selatan, Australia, Philipina, Malaysia, Thailand, Hong Kong, Singapura, Kamboja, Myanmar, Selandia baru, Papua Nugini, Laos, dan Indonesia sehingga akan berdampak pada keberlanjutan hubungan kerja sama antara beberapa negara tersebut dengan Turki.

Saat itu, kata Tulus, bupati menyambut positif keinginan Pasiad melakukan kerja sama dengan Kukar untuk semakin meningkatkan sekolah unggulan SMA bertaraf Internasional, sehingga kehadiran Pasiad diharapkan semakin meningkatkan kualitas pendidikan di daerah.   (*)

Pewarta: M Ghofar

Editor : Amirullah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2014