Samarinda (ANTARA Kaltim) - Pemerintah Kota Samarinda, menggandeng TNI dalam hal ini Kodim 0901 dalam upaya meningkatkan ketahanan pangan di daerah itu.

Wali Kota Samarinda, Syaharie Jaang mengatakan, pembangunan ketahanan pangan pada hakekatnya adalah pemberdayaan masyarakat, yang berarti meningkatkan kemandirian dan kapasitas masyarakat untuk berperan secara nyata dalam mewujudkan ketersediaan dan konsumsi pangan masyarakat.

"Kerja sama yang dibangun bersama Kodim ini dalam rangka optimalisasi pengelolaan lahan di wilayah Samarinda guna membangun ketahanan pangan," ungkap Syaharie Jaang, pada penandatanganan nota kesepahaman (MoU) antara Kodim 0901 dan Pemkot Samarinda, Selasa.

"Lahan yang akan dicetak menjadi sawah meliputi wilayah seluas 10 hektare sehingga diharapkan akan menambah kapasitas produksi padi di Kota Samarinda," katanya.

Nota kesepahaman dengan Kodim 0901 Samarinda itu, kata Syaharie, juga untuk mendorong partisipasi masyarakat sehingga terwujud ketahanan pangan, meningkatnya keanekaragaman konsumsi pangan dan menurunnya ketergantungan akan pangan pokok beras dengan melalui pengalihan konsumsi non-beras dari luar daerah.

Sementara, Komandan Kodim 0901 Samarinda, Letkol Kav. Dody Muhtar mengatakan, kesepakatan bersama itu didasari oleh keinginan untuk mewujudkan ketahanan pangan di Samarinda, melalui program pembangunan sektor pertanian sebagai bentuk pengabdian TNI dalam mendukung program pemerintah.

"Saat ini, program TNI yang juga sedang berjalan adalah menjadikan rumah anggota TNI lebih ramah lingkungan dengan menanam tanaman produktif di halaman rumah," kata Dody Muhtar.    (*)

Pewarta: Amirullah

Editor : Amirullah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2014