Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Paser, Katsul Wijaya, mengukuhkan sebanyak 987  orang pengurus Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) desa /kelurahan di Gedung Awa Mangkuruku, Rabu (06/12) yang dihadiri unsur pimpinan daerah.

 “FKDM memiliki peran sebagai pelapor awal dalam rangka pencegahan dini potensi konflik di wilayahnya masing-masing,” kata Katsul Wijaya.

Menurut Katsul, laporan yang dihimpun anggota FKDM adalah laporan yang sudah diuji kebenarannya dan dilengkapi fakta-fakta.

“Jadi laporan yang disampaikan bukan berita bohong atau hoaks,” katanya.

FKDM, kata Katsul, merupakan lembaga yang dibentuk sebagai instrumen awal reformasi untuk mengatasi berbagai kejadian penting dalam rangka menjaga dan memelihara kewaspadaan dini masyarakat.

“FKDM menjaring, menampung, mengkoordinasikan, dan mengkomunikasikan data serta informasi dari masyarakat mengenai potensi ATHG (Ancaman, Tantangan, Hambatan, dan Gangguan),” ujarnya.

Lebih lanjut ia menerangkan,  upaya mencegah potensi ATHG merupakan amanat Menteri Dalam Negeri dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 46 Tahun 2019 tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 2 Tahun 2018 tentang kewaspadaan dini di daerah.

Apalagi, kata dia,  saat ini merupakan tahun politik dimana masyarakat diuji  berbagai persoalan terkait calon pilihannya.

“Saling serang dari para pendukung calon berpotensi menimbulkan gangguan sosial di lingkungan sekitarnya,” ucapnya.

Terkait munculnya potensi gangguan sosial itu, Katsul berharap masyarakat memiliki kedewasaan menyikapi peristiwa dan perilaku politik dari pihak manapun.

Kepada pengurus FKDM yang baru dilantik, Katsul mengingatkan agar mereka segera melaksanakan tugasnya yakni memantau situasi wilayahnya agar tercipta situasi dan kondisi yang aman, damai dan tertib.

Sementara Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kabupaten Paser, Nonding, mengatakan sebanyak 987 orang pengurus FKDM yang dilantik itu berasal dari 136 desa dan 5 kelurahan.

“Ada tiga desa yang FKDM-nya belum terbentuk yaitu di Desa Labuangkallo, Senipah, dan Selengot, semuanya di Kecamatan Tanjung Harapan,” katanya.

Bakesbangpol Paser terus mendorong agar terbentuknya FKDM di tiga desa tersebut dan akan terus memfasilitasinya hingga terbentuk sehingga bisa bekerja mengawasi kondusifitas wilayah masing-masing.

Pewarta: R. Wartono

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023