Samarinda (ANTARA Kaltim) -  Ratusan peserta Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) tingkat Provinsi Kaltim dari 14 kabupaten/kota jenjang SMP dan SMA siap berlaga, bahkan sebagian besar dari mereka siap menang agar bisa mengikuti lomba di tingkat nasional.

"Jumlah peserta dari kabupaten dan kota ada ratusan siswa dan pendamping, pelaksanaan kegiatan mulai 30 April sampai 2 Mei 2014, sedangkan tingkat nasional digelar pada Juni 2014 di Jawa Tengah," ujar Kepala Bidang Pembinaan SMP dan SMA Dinas Pendidikan Kaltim Asli Nuryadin di Samarinda, Selasa.

Dia mengatakan secara resmi FLS2N akan dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan Kaltim H Musyahrim pada Rabu sore (30/4) di Hotel Radja, Samarinda.

Jenis seni yang dilombakan untuk jenjang SMP terdapat 11 cabang, yakni vokal grup, kreatifitas seni tari, musik tradisional, MTQ, cipta cerpen, story telling, menyanyi solo, seni lukis, desain motif batik, cipta lagu, dan lomba cipta puisi.

Sedangkan untuk jenjang SMA terdapat delapan cabang seni yang dilombakan, yakni seni drama, film pendek, baca puisi, desain poster, cipta puisi, tari berpasangan, menyanyi solo, dan seni kriya.

Jumlah peserta yang namanya sudah masuk ke panitia Provinsi Kaltim adalah, untuk jenjang SMP dari cabang vokal grup tedapat 55 peserta dan 11 guru pendamping, kreativitas seni tari 60 peserta dan 12 pendamping.

Kemudian cabang musik tradisional 30 peserta dan 11 pendamping, MTQ 21 peserta dan 11 pendamping, cipta cerpen 10 peserta 10 pendamping, story telling 11 peserta dan 10 pendamping, menyanyi solo terdapat 10 peserta dan 10 pendamping.

Sementara untuk cabang seni lukis terdapat sembilan peserta dan sembilan pendamping, desain motif batik sembilan peserta dan sembilan pendamping, cipta lagu delapan peserta tujuh pendamping, dan cipta puisi terdapat sembilan peserta dan sembilan pendamping.

Sedangkan jenjang SMA, untuk cabang drama diikuti 60 peserta 12 pendamping, film pendek 12 peserta dan dua pendamping, baca puisi terdapat 11 peserta dan dua pendamping dan desain poster 22 peserta dan tiga pendamping.

Untuk cipta puisi 12 peserta satu pendamping, tari berpasangan 24 peserta dua pendamping, menyanyi solo 23 peserta 3 pendamping, seni kriya 15 peserta dua pendamping.

Tujuan digelarnya FLS2N, menurut dia, adalah untuk menggali dan melestarikan budaya daerah yang tersebar di kabupaten/kota, membina dan meningkatkan kreativitas siswa, menanamkan apresiasi seni dan sastra, dan mengembangkan sikap kompetitif dalam diri siswa.(*)

Pewarta: M.Ghofar

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2014