Samarinda (ANTARA Kaltim) - Pemprov Kaliantan Timur telah membuka pendaftaran beasiswa untuk 50.785 penerima untuk pelajar SD hingga SLTA, mahasiswa, pasca sarjana, guru, dan dosen dengan total anggaran yang disiapkan mencapai Rp217,95 miliar.

"Pendaftaran sudah dibuka mulai April dan akan ditutup pada Juli 2014, sedangkan waktu pendaftarannya berbeda-beda karena disesuaikan dengan program dan jurusan yang diambil," ujar Kepala Dinas Pendidikan Kaltim H Musyahrim di Samarinda, Rabu.

Dia mencontohkan, untuk program beasiswa bagi pendidikan dasar dan menengah, pendaftaran dimulai sejak 15 April hingga 10 Juni 2014. Sementara untuk program diploma dilakukan pada 15 April hingga 4 Juli 2014.

Untuk program sarjana atau diploma IV dan profesi (guru atau dosen) dilaksanakan mulai 15 April hingga 4 Juli 2014.

Dia berharap agar melalui penyaluran beasiswa tersebut, ke depan di Kaltim akan mampu mencetak sumber daya manusia (SDM) lebih andal dan mampu mendukung pelaksanaan program pembangunan.

Mulai April, katanya, pendaftaran sudah bisa dilakukan di tingkat pemerintah kabupaten maupun kota se-Kaltim dan Kaltara sehingga pemerintah kabupaten/kota diminta segera membentuk tim seleksi penyaluran bantuan beasiswa Kaltim Cemerlang.

Setelah terbentuk tim seleksi dan telah diterbitkan surat keputusan bupati atau wali kota, diharapkan tim dapat segera melakukan seleksi terhadap permohonan beasiswa.

Sedangkan untuk penyaluran beasiswa terdapat tiga kategori, yakni untuk kategori yang diatur dari kabupaten/kota se- Kaltim dan Kaltara, diatur melalui kuota perguruan tinggi, dan kategori beasiswa khusus.

Kategori khusus adalah bantuan beasiswa bagi mahasiswa yang melanjutkan pendidikan di sekolah khusus pertanian Sang Hyang Seri (SHS), kemudian di Institut Teknologi Kalimantan (ITK), Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI), dan mahasiswa yang kuliah di Belarus, sebuah negara di Eropa Timur.

Setelah kabupaten/kota dan perguruan tinggi melakukan seleksi, katanya, selanjutnya bupati dan wali kota menerbitkan surat keputusan penetapan penerima bantuan beasiswa melalui APBD Provinsi Kaltim 2014.

Berkas dan SK tersebut kemudian diserahkan kepada Pemprov Kaltim sebagai bahan pemerintah provinsi untuk menerbitkan SK Gubernur Kaltim tentang penetapan penerima bantuan beasiswa untuk masing-masing kabupaten dan kota.   (*)

Pewarta: M Ghofar

Editor : Amirullah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2014