Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Kalimantan Timur (Dispora Kaltim) menyatakan pengembangan pemuda di berbagai bidang kegiatan usaha di Benua Etam berlangsung secara terprogram (by design) sehingga diketahui arah bakat, minat, dan wujud pengembangannya.
   
“Kami melakukan program sesuai dengan desain dan tahapannya sejak awal. Tujuannya, generasi muda dapat terarah sebagai pengusaha, ahli, dan hal lain sehingga mereka maju dan berkembang," kata Kabid Pengembangan Pemuda Dispora Kaltim Rasman Rading di Samarinda, Rabu, baru-baru ini.
 
Dukungan fasilitasi pengembangan pemuda, katanya, bukan hanya melalui sejumlah pelatihan untuk menggugurkan kewajiban. Pelatihan, salah satunya, merupakan bagian kecil dari perencanaan program pengembangan pemuda.

Dispora Kaltim mengidentifikasi awal untuk melihat potensi seseorang sehingga arah pengembangan disesuaikan bakat dan minat. Deteksi, itu merupakan bagian penting program.

Rasman menjelaskan kerja sama lintas sektoral berarti penting sebagai langkah berikutnya untuk mendukung pembinaan dari Dispora Kaltim.

Baca juga: Perempuan Kaltim pemenang Pemuda Pelopor dipacu terus berkreasi

“Keterlibatan lintas sektor sudah diatur dalam Perpres Nomor 43 tahun 2022 tentang Koordinasi Strategis Lintas Sektor Penyelenggaraan Pelayanan Kepemudaan,” katanya. 

Dia mencontohkan pembinaan Balai Latihan Kerja atau mahasiswa di kampus-kampus yang semestinya terkoordinasi ke lintas sektor. Dengan dukungan lintas sektor, pemerintah bisa memfasilitasi dalam membentuk karakter dari bakat dan minat yang dipetakan.

Pemprov Kaltim melalui Dispora terus meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) sesuai tugas dan pokok dengan sasaran utama adalah kelompok pemuda.

“Minat dan bakat pemuda jadi hal penting bagi Dispora Kaltim. Kami punya tekad kuat untuk meningkatkan SDM melalui pemuda di segala sektor, agar generasi milenial bisa terus maju setelah difasilitasi sesuai dengan minat dan bakat masing-masing,” kata dia. (Adv)

Baca juga: Lima pemuda Kaltim jadi Pemuda Pelopor

Pewarta: M.Ghofar

Editor : Imam Santoso


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023