Sebanyak lima pemuda Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) ditetapkan pemerintah setempat menjadi Pemuda Pelopor 2023 dan telah mendapat penghargaan, namun mereka diminta tetap mengembangkan bakat dan terus menjadi pelopor pembangunan sesuai keterampilan masing-masing. 

Penyerahan penghargaan kepada lima Pemuda Pelopor setempat, hasil seleksi oleh tim sebelumnya itu dilakukan oleh Pj Gubernur Kaltim Akmal Malik. 

Pemberian penghargaan dilakukan pada 28 Oktober 2023 lalu, bertepatan dengan perayaan Hari Sumpah Pemuda (HSP) yang digelar di lapangan upacara Gelora Kadrie Oening (GOR) Sempaja, Samarinda.

Sebelumnya, pemilihan Pemuda Pelopor Kaltim diikuti oleh 16 peserta dari kabupaten/kota di Kaltim dengan bidang yang diseleksi ada lima bidang, sehingga hasil seleksi itu berhasil memilah hanya lima orang yang terbaik dari semua yang terbaik.

Rasman, Kepala Bidang Pengembangan Pemuda pada Dispora Kaltim mengatakan, lima bidang yang dilombakan dalam pemilihan Pemuda Pelopor 2023 ini terdiri atas bidang Sumber Daya Alam, Lingkungan dan Pariwisata yang diikuti lima orang.

Kemudian bidang Agama, Sosial dan Budaya diikuti oleh empat orang, bidang Pendidikan diikuti tiga peserta, bidang Pangan diikuti tiga peserta, dan untuk bidang Inovasi Tehnologi diikuti oleh dua peserta.

Rasman yang juga tim penilai dalam pemilihan Pemuda Pelopor ini melanjutkan, selain dirinya, tim penilai lainnya adalah Hardiana Muriyani, selaku Pemerhati Kepemudaan yang juga pernah menjabat sebagai Kabid Pengembangan Pemuda Dispora Kaltim.

Kemudian ada founder Sahabat Miskyat Foundation Machnum Uzni, unsur kademisi Suwardi Sagama, dan dari Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Dispora Kaltim Rusmulyadi.

Dari 16 peserta yang diseleksi, tim penilai kemudian menentukan lima orang pemenang, yakni Diannisa Ester Bassay terbaik di bidang Inovasi Teknologi, Reza Nofrialdy ditetapkan yang terbaik di Bidang Pengelolaan Sumber Daya Alam, Lingkungan, dan Pariwisata.

Selanjutnya adalah Ichlas Anugerah Rachmadi pemenang di Bidang Pangan, Fabianus Tiyo menjadi pemenang di Bidang Agama, Sosial, dan Budaya, dan Yuni Handayani merupakan pemuda yang ditetapkan terbaik di Bidang Pendidikan.

“Dari lima terbaik Pemuda Pelopor Kaltim 2023 ini, ada Yuni Handayani yang juga berhasil meraih juara ketiga Pemuda Pelopor di tingkat nasional. Ini luar biasa karena bisa juara tiga nasional,” kata Rasman.

Terhadap para Pemuda Pelopor Kaltim yang telah meraih penghargaan baik di tingkat provinsi maupun tingkat nasional tersebut, ia berpesan kepada mereka agar terus aktif, kreatif, dan inovatif dalam mengembangkan potensi diri dan potensi masyarakat, untuk membangun Kaltim lebih maju dan bisa mandiri. (Adv)

Pewarta: M.Ghofar

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023