Wakil Ketua DPRD Kalimantan Timur Muhammad Samsun berkomitmen membantu memfasilitasi pembangunan Pondok Pesantren Raudhatul Ulum Pondok Ulin Desa Margahayu, Kecamatan Loa Kulu, Kabupaten Kutai Kartanegara.
 
"Bismillah kita bantu memfasilitasi. Itu sudah menjadi tugas wakil rakyat, yaitu menjembatani, mendorong dan mengawal anggaran sehingga bisa direalisasikan dan bermanfaat untuk anak-anak di ponpes," ujar Samsun di Kukar, Rabu.
 
Dalam kunjungannya, Samsun juga menyerap aspirasi dari pengurus ponpes yang meminta bantuan pembangunan mushola putri dan ruang kelas.

Politikus PDI Perjuangan itu mengatakan pondok pesantren Raudhatul Ulum belum mendapatkan bantuan dari pihak manapun.

Samsun berharap pondok pesantren itu dapat meningkatkan kualitas pendidikan, sebagai bekal pembentukan karakter dan akhlak generasi muda.

Baca juga: DPRD Kaltim usung pembahasan Raperda Pesantren ke Kemendagri

"Berbicara pendidikan pesantren, kami tengah menggodok rancangan peraturan daerah (perda) tentang Fasilitasi Penyelenggaraan Pondok Pesantren untuk mendukung pengembangan pendidikan Islam di daerah," ujarnya.

Perda Fasilitasi Pondok Pesantren juga bertujuan untuk mengoptimalkan pondok pesantren sebagai salah satu warisan budaya daerah yang memiliki nilai-nilai luhur dan kearifan lokal. 
 
Pondok pesantren, lanjut legislator daerah pemilihan Kutai Kartanegara itu, berkontribusi mencerdaskan kehidupan bangsa, meningkatkan kesejahteraan masyarakat, dan menghadapi tantangan perubahan zaman.
 
"Kami harus memberikan fasilitasi dan dukungan kepada pondok pesantren agar mereka bisa menjalankan fungsinya dengan baik," katanya.

Baca juga: DPRD Kaltim dorong pemprov fasilitasi pesantren
 
Fasilitasi itu bisa berupa bantuan sarana dan prasarana, bantuan dana, bantuan tenaga pendidik, hingga bantuan kurikulum.
 
"Kami juga harus memberikan perlindungan dan kepastian hukum bagi pondok pesantren agar mereka tidak terganggu hal-hal yang tidak diinginkan," ujar Samsun.
 
Pondok pesantren, menurutnya, bisa menjadi mitra pemerintah daerah dalam melaksanakan pembangunan di berbagai bidang, terutama di bidang pendidikan, dakwah, dan pemberdayaan masyarakat.
 
"Kita harus mendukung dan memberdayakan ponpes-ponpes yang ada di Kaltim, karena mereka adalah aset bangsa yang harus kita jaga dan kembangkan. Semoga dengan bantuan itu, ponpes Raudhatul Ulum bisa lebih maju dan berkembang," kata Samsun. (Adv/DPRD Kaltim)

Pewarta: Ahmad Rifandi

Editor : Imam Santoso


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023