Pustakawan Ahli Muda Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kaltim, Marthen Rumana menyebutkan lima perpustakaan sekolah di Kabupaten Kutai Kartanegara saat ini sedang menjalani proses penilaian akreditasi pengelolaan perpustakaan pada 8-9 November 2023.

"Proses akreditasi ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas layanan dan kemajuan perpustakaan sekolah di Bumi Etam," katanya di Samarinda, Jumat.

Ia menyebutkan perpustakaan lima sekolah yang menjalani akreditasi adalah SMP Negeri 1 Sebulu, Mts Negeri Tenggarong, SMP Negeri 1 Tenggarong, SMP Negeri 4 Muara Badak, serta SD Negeri 035 Tenggarong.

Marthen  mengatakan akreditasi membantu perpustakaan untuk melihat tolok ukur atau standar dari pelayanan perpustakaan sekolah.

“Kita melihat sarana dan prasarana yang telah diberikan oleh perpustakaan apakah sudah memuaskan atau bermanfaat dengan baik kepada pengunjung.

Ia menjelaskan penilaian akreditasi dilakukan oleh lima orang asesor dari DPK Kaltim yang melakukan visitasi langsung ke setiap perpustakaan sekolah di Kukar tersebut.

Marthen menambahkan, untuk mendapatkan akreditasi yang baik, perpustakaan sekolah perlu menyiapkan inovasi dan terobosan dalam pengelolaan perpustakaan.

“Perpustakaan sekolah dapat mengembangkan koleksi dan program literasi yang sesuai dengan kebutuhan dan minat siswa,” lanjut Marthen.

Melalui penilaian ini, DPK Kaltim mengupayakan semakin banyak perpustakaan di Kaltim yang mengantongi akreditasi.

“Akreditasi tidak hanya sekadar predikat tapi komitmen dari perpustakaan untuk memberikan pelayanan dan pemenuhan literasi kepada masyarakat,” kata Marthen.(Adv)
 

Pewarta: Hanifan Ma'ruf

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023