Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara di Provinsi Kalimantan Timur secara bertahap meningkatkan sarana dan prasarana sekolah di wilayah Benuo Taka.

"Kami jadikan skala prioritas peningkatan fasilitas sarana prasarana sekolah secara bertahap," kata Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Kabupaten Penajam Paser Utara Alimuddin di Penajam, Rabu.

Ia mengatakan bahwa pemerintah daerah menyiapkan alokasi anggaran untuk perbaikan bangunan sekolah serta pengadaan sarana dan prasarana sekolah, termasuk meja dan kursi belajar.

Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Kabupaten Penajam Paser Utara mengusulkan pengalokasian dana untuk peningkatan sarana dan prasarana dua sekolah dasar (SD) dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun 2024.

Alimuddin menyampaikan bahwa alokasi dana tersebut akan digunakan untuk rehabilitasi bangunan, penambahan ruang kelas, serta pengadaan meja dan kursi belajar untuk SD Negeri 009 dan SD Negeri 039.

Menurut dia, bangunan SD Negeri 009 di Kecamatan Penajam yang sudah tua akan dirobohkan dan dibangun kembali. Pemerintah daerah berencana membangun gedung dua lantai untuk SD Negeri 009.

"Sedangkan SD Negeri 039 di Kecamatan Penajam akan ditambah gedung untuk ruang kelas belajar," kata Alimuddin.

Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Kabupaten Penajam Paser Utara pada tahun 2023 merehabilitasi bangunan SD Negeri 026 di Kelurahan Penajam, Kecamatan Penajam.

Rehabilitasi bangunan SD Negeri 026 mencakup pembangunan gedung dua lantai menggunakan dana sekitar Rp15,5 miliar dari APBD Kabupaten Penajam Paser Utara tahun 2023.

Menurut Alimudin, bangunan dua lantai tersebut mencakup ruang kelas, ruang kepala sekolah, ruang perpustakaan, ruang unit kesehatan sekolah, mushala, toilet, dan kamar mandi.
 

Pewarta: Nyaman Bagus Purwaniawan

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023