Petugas Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) telah memadamkan kebakaran lahan yang pada Rabu (1/11) terjadi di Desa Bangun Mulya dan Kelurahan Petung, Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur.

Menurut Kepala Bidang Penanggulangan Kebakaran DPKP Kabupaten Penajam Paser Utara Dahlan di Penajam, Kamis, luas lahan yang terbakar di kedua daerah itu masing-masing sekitar satu hektare.

Ia menyampaikan bahwa kebakaran lahan di Desa Bangun Mulya, Kecamatan Waru, terjadi pada Rabu (1/11) sekira pukul 13.00 WITA di lingkungan RT 04.

Menurut dia, petugas tiba di lokasi kebakaran sekitar 15 menit kemudian dan berhasil memadamkan kebakaran pada pukul 14.15 WITA.

Baca juga: Pemkab Paser Penajam Utara gandeng KLHH untuk penanganan karhutla

"Setelah mendapat laporan, anggota Pemadam Posko Waru langsung meluncur ke lokasi kejadian dengan satu armada Branwir guna melaksanakan pemadaman, kemudian dibantu oleh anggota Polsek," katanya.

Kebakaran lahan di lingkungan RT 19, Kelurahan Petung, Kecamatan Penajam, dilaporkan terjadi pada Rabu (1/11) pukul 16.21 WITA. 

"Petugas piket langsung ke lokasi guna melaksanakan tindak lanjut pemadaman dan pendinginan menggunakan dua unit mobil Damkar Petung," kata Dahlan, menambahkan, api berhasil dipadamkan pada pukul 18.17 WITA.

Baca juga: Presiden: Kebakaran hutan-lahan bisa dikendalikan

Pewarta: M.Ghofar

Editor : Imam Santoso


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023