Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Samarinda berkomitmen menguatkan kompetensi tenaga humas di Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lewat Bimbingan Teknis (Bimtek) II Penulisan Berita.
 
"Kegiatan itu bertujuan meningkatkan kapasitas komunikasi publik di segenap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda, khususnya di tingkat kelurahan," ujar Kepala Diskominfo Kota Samarinda Aji Syarif Hidayatullah, Selasa.
 
Kadis Kominfo Samarinda yang akrab disapa Dayat itu menyampaikan, Bimtek II tersebut lebih menekankan pengambilan gambar dan video dan akan digelar di Hotel Puri Senyiur, Jalan Ruhui Rahayu Nomor 26, Samarinda Ulu, 6-7 November 2023.
 
"Kami ingin semua OPD hingga kelurahan memiliki sumber daya manusia yang berkompeten untuk mengelola media OPD, baik media sosial maupun website. Dengan begitu, semua kegiatan pembangunan di OPD bisa terpublikasi dengan baik dan diketahui masyarakat luas," kata Dayat
 
Sebelumnya, Diskominfo Kota Samarinda telah melaksanakan Bimtek I penulisan berita, pengambilan gambar, dan video dengan peserta para pengelola media dari setiap OPD di lingkungan Pemkot Samarinda, terutama dari dinas-dinas, badan, dan kecamatan.

Baca juga: ANTARA paparkan kiat produksi rilis efektif ke Kemenkumham Kaltim
 
"Kalau untuk kali ini, pesertanya adalah admin pengelola media dari kelurahan. Kami harap mereka bisa mengikuti kegiatan itu dengan serius dan antusias," ujarnya.
 
Dalam Bimtek II, lanjut Daya, Diskominfo Samarinda mendatangkan sejumlah narasumber berkompeten. Mereka adalah para jurnalis senior yang berkarier di Jakarta dan Kalimantan Timur.
 
"Para narasumber akan memberikan materi tentang standard penulisan berita, pengambilan gambar, dan video. Minimal standar unsur 5W+1H terpenuhi dalam penulisan berita. Biar warga bisa paham inti pesan dalam pemberitaan kami," katanya.
 
Kegiatan Bimtek II itu juga akan dipandu para moderator berpengalaman, yaitu Wuri Handayani dan Ricardo Bobby Lolowang.
 
Dayat mengatakan undangan Bimtek II itu sudah disebar ke sejumlah kelurahan di Kota Samarinda.

Baca juga: Gubernur Kaltim: ANTARA lanjutkan pemberitaan postif IKN-Pemilu

Dia berharap para perwakilan kelurahan bisa hadir dan memanfaatkan kesempatan itu untuk menggali ilmu dari para narasumber berkompeten tersebut.
 
"Kegiatan itu sangat penting untuk meningkatkan kualitas komunikasi publik di Kota Samarinda. Kami mohon kerjasamanya dari semua pihak," tutupnya.
 
Narasumber yang akan hadir dalam Bimtek II ini antara lain Triono Wahyu Sudibyo (Manajer Regional Detik.com Jakarta), Sandy Arizona (Jurnalis Senior LKBN ANTARA Jakarta), Endro S Efendi (Ketua Persatuan Wartawan Indonesia Kaltim), dan Jasmin Jaffar (Kepala Biro Kompas TV Kaltimtara).

Baca juga: ASEAN Newsroom, inisiasi ANTARA demi "embrio" asosiasi media di kawasan

Pewarta: Ahmad Rifandi

Editor : Imam Santoso


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023