Balikpapan (ANTARA Kaltim) - Kantor Kementerian Agama Kota Balikpapan, Kalimantan Timur memilih pasangan H Ruddy Effendi dan Hj Emiel Rachamilawati sebagai pasangan keluarga sakinah terbaik pertama dan pasangan H Sjahril HM Taher dan Ny Hj Fitriah pada peringkat kedua.

Pengumuman pemilihan pasangan keluarga sakinah untuk tingkat Kota Balikpapan itu disampaikan Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Balkpapan Saifi di rumah jabatan Wali Kota Balikpapan, Rabu.

Kepada pasangan keluarga sakinan yang terpilih itu diserahkan piagam penghargaan.

Ia mengatakan, seleksi untuk pemilihan keluarga sakinan tersebut berlangsung sejak 4 bulan lalu, dan mereka yang terpilih berhak mengikuti seleksi pemilihan keluarga sakinan tingkat Provinsi Kalimantan Timur dan yang terpilih di tingkat provinsi akan mengikuti ajang di tingkat nasional.

Safii mengatakan kriteria pemilihan keluarga sakinan, antara lain menyangkut pemahaman dan pengamalan ajaran agama Islam, penghayatan dan pengamalan kehidupan berbangsa, perkawinan dan kehidupan rumah tangga,

Selain itu, katanya, kriteria penilaian lainnya adalah menyangkut bimbingan dan pendidikan anak, kepribadian sebagai seorang ibu, kebersihan rumah dan lingkungan serta keikutsertaan dalam kegiatan sosial kemasyarakatan.

Penyerahan piagam penghargaan diberikan langsung oleh Asisten III Sekretarat Kota Balikpapan M Noor mewakili Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi kepada dua pasangan keluarga sakinah tahun 2014 tersebut.

H Ruddy Effendi mengaku kaget atas terpilihnya ia dan istrinya sebagai keluarga sakinah Balikpapan.

"Saya tidak menyangka bisa terpilih. Kami melihat keluarga-keluarga lain yang dinilai panitia tampak lebih baik dari kami," kata pensiunan perusahaan minyak dan gas Chevron Indonesia Company itu.

Pasangan Ruddy Effendi dan Emiel Rachmilawati memiliki lima anak. Kelimanya sarjana dan sudah mandiri dengan pekerjaan dan memiliki rumah masing-masing.

Kepala Kantor Kemnterian Agama Kota Balikpapan Safii mengharapkan pasangan yang terpiih sebagai keluarga sakinan diharapkan dapat mewujudkan keteladanan sebagai keluarga muslim dalam membina keluarga sakinah mawaddah warahmah lebih melalui penanaman nilai ajaran agama, akhlakul karimah, serta interaksi sosial dalam kehidupan masyarakat.   (*)

Pewarta: Novi Abdi

Editor : Amirullah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2014