Ganda campuran Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati lolos dari pertandingan babak 32 besar French Open 2023 penuh tekanan yang berakhir dengan kemenangan rubber game atas duo Malaysia Tan Kiang Meng/Lai Pei Jing, Selasa.

Dalam pertandingan yang berlangsung di Rennes, Prancis, itu, Rehan/Lisa membukukan sempat tertinggal pada gim pembuka, namun diakhiri dengan kemenangan dengan skor 18-21, 23-21, 21-17 setelah berjuang selama 66 menit.

"Di gim pertama kami masih kaget dengan kekuatan mereka, tekanan drive-nya kuat sekali. Walau kami sudah mempelajari permainan lawan tapi tetap ada rasa kagetnya," kata Rehan melalui keterangan resmi PP PBSI di Jakarta.

Pada gim pertama, Rehan/Lisa sebenarnya bisa mempelajari strategi lawan dan menemukan pola terbaik untuk membalas. Sayangnya selisih poin yang ketat membuat duo Indonesia tertahan pada gim pembuka.

Baru pada gim kedua, Rehan/Lisa punya banyak kesempatan untuk membalas Tan/Lai dan akhirnya merebut kemenangan pada gim tersebut. Permainan Rehan/Lisa lebih solid, meskipun masih banyak melakukan kesalahan sendiri.

Akibatnya, Rehan/Lisa hampir saja terkejar dan terjadi setting dan memaksa wakil Indonesia untuk menaikkan poin menjadi 23 untuk meraih kemenangan.

"Di gim kedua kami sempat melakukan kesalahan-kesalahan beruntun jadi fokusnya sempat goyah. Tapi setelah itu kami coba fokus lagi, balik ke pola yang kami mau," Lisa memaparkan.

Pada gim ketiga, Rehan/Lisa mampu memimpin sejak awal hingga akhir permainan. Meski Tan/Lai berusaha mengejar dan mempersempit selisih poin, namun Rehan/Lisa mampu meredam serangan lawan.

Setelahnya, Rehan/Lisa semakin nyaman dan mampu mendulang sejumlah poin beruntun.

"Di gim ketiga walau menang tapi kami masih terlalu terburu-buru. Ini yang mesti diperbaiki di babak selanjutnya apalagi lawan kan akan semakin kuat," kata Rehan.

Rehan/Lisa mengakui bahwa permainan mereka pada babak pertama French Open belum optimal, terutama pada lini pertahanan yang masih belum konsisten. Untuk babak selanjutnya, mereka akan berbenah pada aspek tersebut agar tidak kesulitan saat menghadapi lawan yang lebih kuat.

"Kami harus tingkatkan percaya dirinya dan pertahanannya dikuatkan lagi untuk lusa di babak 16 besar," pungkas Lisa.

 

Pewarta: Roy Rosa Bachtiar

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023