Anggota Komisi IV DPRD Kalimantan Timur (Kaltim) Rusman Ya'qub mendorong transformasi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Kaltim sehingga jadi pemicu pertumbuhan ekonomi daerah.
 
"Kami berharap peringatan UMKM menjadi pencetus inovasi para pelaku UMKM di Kaltim. Saya mendorong dan mendukung pemerintah agar UMKM di Kaltim menjadi pionir dan fondasi pengembangan ekonomi kreatif," ujar Rusman di Samarinda, Selasa.
 
Rusman menyampaikan bahwa transformasi UMKM di masa depan harus memperhatikan beberapa aspek penting, seperti sertifikasi produk, manajemen pemasaran, dan transportasi.
 
"Sertifikasi produk itu penting agar UMKM bisa bersaing di pasar nasional maupun internasional," kata Rusman.

Baca juga: BI Kaltim genjot pertumbuhan ekonomi melalui pemberdayaan UMKM
 
Anggota Fraksi PPP DPRD Kaltim itu mengatakan salah satu upaya untuk mendorong transformasi UMKM yaitu dari sisi manajemen pemasaran. Tujuannya, kegiatan promosi produk dapat tercapai secara efektif dan efisien.

"Aspek transportasi itu juga penting, agar UMKM bisa mengirimkan produk mereka dengan cepat dan murah," katanya.
 
Rusman mengapresiasi kinerja Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UMKM Kaltim yang telah melakukan berbagai program pembinaan dan bantuan bagi UMKM.
 
"Saya berharap pelaku UMKM Kaltim bisa mengambil peluang dari penyelenggaraan hajatan nasional seperti Pra-kualifikasi Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024 dan Prakualifikasi Popnas 2025," tutur Rusman.
 
Rusman meminta para pelaku UMKM di Kaltim terus berusaha, bekerja keras, dan kreatif agar berdampak pada peningkatan pendapatan mereka. (Adv/DPRD Kaltim)

Baca juga: Otorita IKN bangun "rest area" sentra UMKM di Titik Nol Nusantara

Pewarta: Ahmad Rifandi

Editor : Imam Santoso


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023