Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Timur menggelar Rembuk stunting tingkat provinsi tahun 2023 untuk meningkatkan sinergi antara pemerintah provinsi dan kabupaten/kota dalam menurunkan angka stunting di wilayah setempat.  

"Kami melakukan koordinasi dengan seluruh dinas terkait untuk percepatan penurunan stunting sesuai dengan amanat Peraturan Presiden Nomor 72 Tahun 2021," kata  Jaya usai  Rembuk Stunting di Hotel Mercure Samarinda, Senin.
 
Ia mengatakan dinas terkait dalam penanganan stunting yakni Dinas Kesehatan Kaltim, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Dinas Sosial, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, Dinas Pertanian, Dinas Perikanan, dan Dinas Tanaman Pangan.
 
Jaya Mualimin menjelaskan dalam Rembuk Stunting bertujuan untuk meningkatkan sinergi antara pemerintah provinsi dan kabupaten/kota dalam upaya menurunkan angka stunting di Kaltim. Dinas Kesehatan Kaltim bertindak sebagai koordinator untuk Tim Pengendali Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (TPPS) yang berkoordinasi dengan kepala daerah dari sepuluh kabupaten dan kota se-Kaltim.
 
Ia mengemukakan rembuk stunting itu, salah satu intervensinya adalah sensitif terhadap lingkungan, rumah sehat layak huni yang di sana ada sanitasi yang baik, ketersediaan air  yang menjadi urusan dari Dinas PUPR. 
 
Kemudian, terkait keluarga yang harus dibantu melalui Program Keluarga Harapan harus punya kartu BPJS yang menjadi urusan Dinas Sosial. Sedangkan untuk pemberian makan bergizi, diupayakan melalui  Dinas Pertanian dan Dinas Tanaman Pangan dan Dinas Kelautan.
 
"Selain itu ditekankan juga pentingnya kesadaran ibu menggunakan ASI eksklusif dan melaksanakan pola asuh yang baik bagi anak-anaknya," kata Jaya Mualimin. 
 
Ia juga mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh Dinas Kependudukan, Pemberdayaan Perempuan, Pengendalian Penduduk dan Perlindungan Anak (DKP3A) bersama BKKBN, dengan program Sekolah Calon Pengantin, Sekolah Ibu Hamil, dan Pusat Pembelajaran Keluarga (Puspaga).
 
"Semua dinas terkait dirangkul dalam koordinasi Dinas Kesehatan Provinsi Kaltim dalam konvergensi penanganan program," katanya.
 
Jaya menambahkan program intervensi spesifik yang dilakukan Dinas Kesehatan Kaltim, antara lain pemberian tablet tambah darah bagi remaja putri, pemeriksaan kehamilan minimal empat kali bagi ibu hamil, pemberian vitamin A bagi anak-anak, dan pemberian makanan tambahan bagi anak yang mengalami kekurangan energi kalori atau MPASI.
 
"Ketika ibu melahirkan harus memberikan ASI selama 24 bulan kemudian imunisasi dasar lengkap bagi anak," tuturnya.
 
Menurutnya beberapa program intervensi spesifik  lainnya terkait anak yakni melakukan timbang berat badan dan diukur tinggi badan serta dipantau setiap bulan dan dilaporkan di TPPS. 
 
"Tadi sudah dilibatkan data yang terintegrasi bisa kita lihat sebulan sekali melalui data geospasial,  kita bisa lihat bayi lokasinya dimana  dan posyandu nya apa," ucap Jaya.
 
Rembuk Stunting Tingkat Provinsi Kaltim Tahun 2023 tersebut dihadiri Sekda Provinsi Kaltim  Sri Wahyuni, Ketua TPPS dari 10 kabupaten dan kota di Kaltim. Acara ini bertujuan untuk meningkatkan sinergi antara pemerintah provinsi dan kabupaten/kota dalam upaya menurunkan angka stunting di Kaltim. (Adv)
 

Pewarta: Ahmad Rifandi

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023