Samarinda (ANTARA Kaltim) - Secara geografis Provinsi Kalimantan Timur adalah surga pengembangan potensi pertanian, perkebunan, peternakan dan perikanan. Sayangnya belum tergali maksimal karena masih tertutupi oleh industri primadona yakni pertambangan dan industry kelapa sawit.

Anggota Komisi II DPRD Kaltim Ali Hamdi mengatakan masih banyak jenis usaha lain yang perlu dikembangkan. Salah satunya, ayam organik yang memiliki potensi pangsa pasar menjanjikan tidak hanya didaerah melainkan hingga keluar negeri.

“Amat sangat disayangkan jika banyak luasan kawasan perkebunan sawit  tidak didampingi bidang usaha lain. Contohnya seperti pengembangan peternakan ayam organik,”ucap Hamdi.

Potensi tersebut sangat erat kaitannya dengan pengembangan potensi Kaltim sehat, mengingat ayam organik tak seperti ayam umumnya, bahan pakannya seratus persen herbal tanpa ada sedikitpun bahan kimia.

Politisi asal PKS itu mengatakan jika pada umumnya dalam merawat ayam potong sangat membutuhkan perhatian yang ekstra tidak hanya soal pakannya melainkan juga bagaimana kondisi kandang yang jauh dari kebisingan belum lagi harus suntik vitamin secara berkala, hal itu berbanding terbalik 100 persen untuk ayam organik.

Dengan tidak diperlukannya semua proses tadi, otomatis keuntungan lebih berlipat ganda. “Ayam potong jika menggunakan program organik maka tekstur dagingnya akan jauh berbeda yakni warna dan rasanya sangat mirip dengan ayam kampung, Selain keuntungan ekonomis, mengonsumsinya juga lebih sehat,”beber Hamdi. (Humas DPRD Kaltim/adv/bar/dhi)




Pewarta:

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2014