Sejumlah informasi seputar Kalimantan Timur (Kaltim) ditayangkan Kantor Berita ANTARA Biro Kaltim pada Kamis (28/9), mulai Gubernur Kaltim Isran Noor dan Wagub Hadi Mulyadi temu wartawan sebelum purna-tugas, hingga pengamat ekonomi Universitas Mulawarman mengulas fenomena TikTok Shop dan bagaimana cara menghadapinya.
 
Berikut sejumlah rangkuman informasi seputar Kaltim kemarin yang masih menarik untuk dibaca kembali.
 
1. Bincang gubernur-wartawan
 
Isran Noor, Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim) yang akan mengakhiri masa jabatannya pada 30 September 2023, mengaku bangga dan bahagia selama memimpin provinsi kelahirannya sejak 2018.
 
"Saya happy dan bahagia. (Saya) merasa bangga bisa berbuat sampai purna tugas. Semoga dua hari cukup waktu untuk dalam kondisi apa saja. Yang pasti, saya menikmati," kata Isran Noor saat berbincang dengan wartawan di Samarinda, Kamis.
 
Berita selengkapnya bisa dibaca di sini.
 
2. Selamatkan orangutan di tambang
 
Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kalimantan Timur berhasil menyelamatkan induk orangutan yang viral dalam video dan media sosial Tiktok di areal pertambangan batu bara di Kabupaten Kutai Timur, pada Sabtu (22/9).
 
“Kami menemukan induk orangutan di lokasi pertambangan PT. IDXM yang berbatasan dengan lokasi pertambangan PT. GAM di Kutai Timur. Kami langsung melakukan upaya penyelamatan dengan bantuan pihak perusahaan,” ujar Kepala Seksi Konservasi Wilayah II Tenggarong, BKSDA Kaltim, Suriawaty Halim melalui keterangan tertulis yang diterima di Samarinda, Kamis.
 
Berita selengkapnya bisa dibaca di sini.
 
3. Ulasan menghadapi Tik Tok Shop
 
Pengamat Ekonomi Universitas Mulawarman Purwadi Purwoharsojo menilai fenomena TikTok Shop yang populer di masyarakat perlu dihadapi dengan pengembangan katalog elektronik (e-katalog) agar usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dapat bertahan.
 
“Hal itu (TikTok Shop) antitesis dengan upaya pemerintah mendigitalisasi sistem penjualan UMKM lokal. Pemerintah dan pedagang lokal harus lebih proaktif dan inovatif dalam menghadapi persaingan global pada era digital,” ujarnya kepada ANTARA di Samarinda, Rabu.
 
Berita selengkapnya bisa dibaca di sini.
 
4. Tanggap darurat kebakaran TPA Bukit Pinang
 
Pemerintah Kota Samarinda menaikkan status peristiwa kebakaran di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Bukit Pinang dari Siaga Darurat Kebakaran Hutan dan Lahan (karhutla) menjadi Tanggap Darurat.
 
 "Peningkatan status tersebut dilakukan sebagai bentuk antisipasi potensi kerugian dan dampak yang berlarut-larut, terutama pada kesehatan masyarakat," kata Wali Kota Samarinda Andi Harun di Samarinda, Kamis.
 
Berita selengkapnya bisa dibaca di sini.
 
5. Sabuk hijau 256 Ha lahan IKN
 
Seluas 256 hektare lahan di kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN) akan ditanami pohon melalui aksi Sabuk Hijau Nusantara kolaborasi antara Otorita IKN dengan Katadata Green.
 
"Diperkirakan penanaman pohon dilakukan pada November atau Desember 2023," kata kata Kepala Otorita IKN Bambang Susantono di Penajam, Kamis.
 
Berita selengkapnya bisa dibaca di sini.

Pewarta: Ahmad Rifandi

Editor : Imam Santoso


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023