Bazar buku terbesar di dunia Big Bad Wolf (BBW) kembali singgah di Kota Minyak, mulai 29 September hingga 8 Oktober 2023,  menggelar sejuta eksemplar buku di Dome, Jalan Ruhui Rahayu, Balikpapan.

“Kami tetap dalam misi menyebarkan buku dan ilmu pengetahuan seluas-luasnya ke masyarakat,” kata Presiden Direktur PT Jaya Retail Indonesia Uli Silalahi, Selasa.

PT Jaya Retail Indonesia adalah penyelenggara Big Bad Wolf di Indonesia. Pada 2019 sebelum COVID-19 mengganas, BBW sudah pernah buka lapak di Dome. Selama sepuluh hari, tidak kurang dari 100 ribu pengunjung memadati arena gedung serba guna tersebut dan memborong ratusan ribu eksemplar buku.

Menurut Uli, dalam gelaran kali ini pun tetap dengan diskon harga bisa sampai 90 persen. Pengunjung bisa membawa pulang buku-buku fiksi atau pun non fiksi. Buku tentang hobi, olahraga, psikologi, perjalanan, petualangan, agama, sastra, biografi, arsitektur, seni dan budaya, hingga buku-buku anak-anak, tersedia melimpah.

Kemudian, BBW menjadi berbeda dari toko buku atau bazar buku biasa, sebab selain diskon harga yang banyak, BBW juga menyediakan buku-buku berbahasa Inggris atau bahasa asing lain, dan kurang dari separuhnya buku-buku berbahasa Indonesia.

“Karena kami ingin buku-buku internasional itu terjangkau harganya untuk kita semua di sini,” jelas Uli.

Untuk lebih memudahkan pengunjung, BBW menggandeng Bank Central Asia (BCA) untuk memfasilitasi transaksi pembayaran. Menurut Kepala Cabang BCA Balikpapan Jedida, pihaknya menyediakan semua jenis layanan transaksi, baik tunai maupun non tunai.

“Tentu transaksi non tunai kita utamakan, tapi untuk jaga-jaga, di Dome nanti kami sediakan juga mesin ATM,” ungkapnya.

Bertransaksi lewat BCA juga berarti mendapat diskon tujuh persen lagi dari sebelumnya sudah mendapat diskon dari BBW. Karena itu, BCA akan juga menyediakan layanan buka akun di tempat bazar.

“Biar bisa maksimal memanfaatkan diskonnya,” senyum Jedida. 

Pewarta: Novi Abdi

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023