Turnamen olahraga yang digelar di Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur, menjadi wadah pencarian bibit atlet berbakat, terutama generasi muda di daerah berjuluk Benuo Taka itu agar dapat menapaki ajang yang lebih tinggi dan meraih prestasi nasional maupun internasional.
 
Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Penajam Paser Utara Jon Kenedi di Penajam, mengharapkan, turnamen bola voli dan bulutangkis yang telah diselenggarakan selama dua tahun berturut-turut dapat menjadi ruang bagi atlet, terutama atlet muda mengasah kemampuan bertanding.
 
"Kami berharap turnamen olahraga dapat terus dilanjutkan setiap tahun dan ciptakan atlet-atlet berprestasi," katanya.

Turnamen bola voli se-Kabupaten Penajam Paser Utara pada tahun ini (2023) digelar di lapangan bola voli Kelurahan Lawe-Lawe, Kecamatan Penajam, dan bulutangkis diselenggarakan di gedung serbaguna Kelurahan Gunung Seteleng, Kecamatan Penajam.
 
Kedua turnamen olahraga tersebut berlangsung mulai 16 sampai 24 September 2023, dengan diikuti peserta bukan hanya dari Kabupaten Penajam Paser Utara saja, tetapi juga diikuti peserta dari Kabupaten Paser.
 
"Turnamen diadakan di lokasi yang berada dekat dengan masyarakat bertujuan juga untuk menghibur warga, serta menggelorakan dan memasyarakatkan olahraga," jelas Jon Kenedi yang juga sebagai Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrat Kabupaten Penajam Paser Utara itu.
 
Dia meminta kepada seluruh atlet agar memanfaatkan momen olahraga tidak hanya untuk mengejar prestasi semata, karena menang atau kalah bukan merupakan tujuan utama dari penyelenggaraan turnamen.
 
"Atlet harus memahami makna mendalam dari filosofi olahraga yang sportif, kerja sama, mematuhi setiap aturan pertandingan, serta menjunjung tinggi asas saling menghormati bahkan kepada lawan di dalam pertandingan adalah yang utama," katanya.
 
Sementara itu, turnamen bola voli diikuti 20 tim putra dan putri, dengan total hadiah berupa uang pembinaan untuk tim putra sebesar Rp9,5 juta dan tim putri Rp7,5 juta.
 
Sedangkan turnamen bulutangkis yang mempertandingkan beregu putra diikuti 16 tim, dengan total hadiah berupa uang pembinaan sebesar Rp11 juta.
 
 

Pewarta: Nyaman Bagus Purwaniawan

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023