Sejumlah informasi seputar Kalimantan Timur (Kaltim) ditayangkan Kantor Berita ANTARA Biro Kaltim pada Jumat (15/9), mulai kebakaran hutan lahan (karhutla) yang tercatat mencapai 1.323,15 hektar, hingga Samarinda menyiapkan bus rapid transit (BRT) yang terkoneksi dengan Ibu Kota Negara (IKN).
 
Berikut rangkuman informasi seputar Kaltim kemarin yang masih menarik untuk dibaca kembali.
 
1. Karhutla 1.323,15 hektare
 
Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) terus melakukan penanganan cepat dan tepat untuk mengatasi kebakaran hutan lahan (karhutla) yang tercatat mencapai 1.323,15 hektare.
 
 "Kebakaran lahan tersebut terjadi di beberapa kabupaten dan kota se-Kaltim akibat puncak musim kemarau," kata Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kaltim Sugeng Priyanto di Samarinda, Jumat.
 
Berita selengkapnya bisa dibaca di sini.
 
2. Beasiswa putra-putri Kubar
 
Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur telah menyalurkan program Beasiswa Kalimantan Timur (BKT) kepada 6.784 pelajar dan mahasiswa di Kabupaten Kutai Barat senilai Rp29,236 miliar dalam kurun lima tahun yakni 2019-2023.
 
Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor mengatakan program beasiswa ini diberikan kepada semua masyarakat Kaltim dengan status pelajar dan Mahasiswa yang berada di sepuluh Kabupaten dan Kota di Kaltim dalam rangka peningkatan kualitas Sumber Saya Manusia ( SDM) lokal.
 
Berita selengkapnya bisa dibaca di sini.
 
3. Harga TBS naik
 
Harga tandan buah segar (TBS) yang dipanen dari pohon kelapa sawit umur 10 tahun ke atas di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) periode 1-15 September 2023 mengalami kenaikan 2,55 persen, dari Rp2.166,29 per kg menjadi Rp2.221,48 per kg.
 
"Pada periode 16-31 Agustus 2023 harga TBS dari pohon umur 10 tahun ke atas di Kaltim sebesar Rp2.166,29 per kilogram (kg), namun pada 1-15 September mengalami kenaikan sebesar Rp55,20 per kg," kata Ketua Tim Penetapan Harga TBS Kaltim Ahmad Muzakkir di Samarinda, Jumat.
 
Berita selengkapnya bisa dibaca di sini.
 
4. Daerah panen padi terbanyak
 
Kutai Kartanegara, Penajam Paser Utara, dan Kabupaten Paser berdasarkan pendataan Statistik Pertanian Tanaman Pangan 2023 merupakan tiga kabupaten dengan kontributor luas panen padi terbesar di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) pada 2022.
 
"Rinciannya adalah Kabupaten Kutai Kartanegara dengan luas panen 27,98 ribu hektare (ha), Penajam Paser Utara 13,53 ribu ha, dan Paser seluas 11,66 ribu ha," kata Kepala Badan Pusat Statistik Provinsi Kaltim Yusniar Juliana di Samarinda, Jumat.
 
Berita selengkapnya bisa dibaca di sini.
 
5. Bus rapid transit IKN
 
Pemerintah Kota Samarinda, Kalimantan Timur, sedang mempersiapkan angkutan umum berbasis bus rapid transit (BRT) untuk menghubungkan kota tersebut dengan Ibu Kota Negara (IKN).
 
Kepala Dinas Perhubungan Kota Samarinda Hotmarulitua Manalu di Samarinda, Jumat, mengatakan, rencana tersebut sudah sesuai dengan master plan transportasi yang telah disusun sejak tahun 2021.
 
Berita selengkapnya bisa dibaca di sini.

Pewarta: Ahmad Rifandi

Editor : Imam Santoso


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023