Dinas Kesehatan Kabupaten Penajam Paser Utara di Provinsi Kalimantan Timur telah melatih puluhan kader keamanan pangan untuk mendukung pelaksanaan penyuluhan mengenai penyediaan pangan yang sehat dan aman.

Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Penajam Paser Utara Mu’allimin di Penajam, Selasa, menyampaikan bahwa kader-kader keamanan pangan akan memberikan penyuluhan kepada masyarakat mengenai cara penyiapan, pengolahan, hingga penyajian pangan yang sehat dan aman.

Menurut dia, para kader keamanan pangan juga akan melakukan pembinaan dan pendampingan kepada para pelaku usaha makanan dan minuman.

Dinas Kesehatan Kabupaten Paser Utara berencana menjadikan Pasar Induk Nenang di Kecamatan Penajam sebagai area percontohan penerapan prinsip-prinsip keamanan pangan.

Seluruh penjual produk makanan dan minuman di Pasar Induk Nenang akan diberi penyuluhan mengenai cara penyiapan, pengolahan, pengemasan, hingga penyajian produk pangan yang sehat dan aman.

Mu’allimin mengatakan, seluruh pengelola toko modern, warung makan, depo air, dan pasar di Penajam Paser Utara diminta memenuhi standar mutu dan keamanan pangan.

Menurut dia, upaya-upaya itu dilakukan untuk memastikan produk pangan yang dijual kepada masyarakat memenuhi standar mutu, kesehatan, dan keamanan.
 

Pewarta: Nyaman Bagus Purwaniawan

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023