Dari 10 daerah (kabupaten/kota) di Provinsi Kaltim, enam di antaranya diprakirakan bercuaca cerah pada Sabtu - Minggu (2-3/9), sedangkan empat lainnya mengalami hujan ringan dengan suhu antara 24-33 derajat Celsius.

"Enam daerah cerah itu adalah Kota Balikpapan, Samarinda, Bontang, Kabupaten Paser, Penajam Paser Utara (PPU), dan Kutai Barat," kata Prakirawan Stasiun Meteorologi Kelas I Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan BMKG Balikpapan Carolina Meylita Sibarani di Balikpapan, Sabtu.

Sedangkan daerah yang diprakirakan hujan ringan adalah Kabupaten Berau, Mahakam Ulu, Kutai Timur, dan Kabupaten Kutai Kartanegara.

Rincian daerah yang cerah adalah di Balikpapan mulai hari ini hingga Minggu pagi sekira pukul 08.00 WITA, di Bontang mulai hari ini hingga Minggu pagi, di Kutai Barat pagi ini mendung, kemudian mulai pukul 14.00 hingga Minggu pagi cerah.

Kabupaten Paser cerah sepanjang hari ini hingga Minggu pagi, kecuali untuk Kecamatan Muara Komam yang berawan pagi hingga siang ini, di PPU cerah sepanjang hari hingga Minggu pagi, dan Kota Samarinda sedikit berawan pagi ini hingga siang, kemudian cerah hingga Minggu pagi.

Sedangkan rincian daerah yang hujan ringan adalah di Kabupaten Berau mulai pukul 14.00 Sabtu ini hingga Minggu pagi meliputi Kecamatan Tanjung Redeb, Kelay, Maratua, Pulau Derawan, Tabalar, Biatan, Gunung Tabur, Sambaliung, Segah, Talisayan, dan Teluk Bayur.

Kabupaten Kutai Kartanegara hujan ringan di Kecamatan Tabang pada Sabtu pukul 20.00 dan 23.00, serta Minggu dini hari, di Kecamatan Kembang Janggut hujan ringan pada Minggu dini hari hingga pukul 05.00 Subuh.

Untuk Kabupaten Kutai Timur, hujan ringan di Kecamatan Batu Ampar, Kaliorang, Karangan terjadi pada Minggu dini hari hingga pagi, Kecamatan Kongbeng pada Sabtu pukul 23.00 hingga Minggu pukul 02.00 hingga pagi, termasuk di Kecamatan Muara Ancalong.

Di Kecamatan Muara Wahau dan Busang hujan ringan terjadi pada Sabtu mulai pukul 14.00 hingga Minggu pagi, di Kecamatan Sangkulirang, Bengalon, Long Mesangat, Kaubun, Muara Bengkal, Telen dan Rantau Pulung, hujan ringan terjadi pada Minggu dini hari hingga pagi.

"Kabupaten Mahakam Ulu hujan ringan terjadi di Kecamatan Long Apari, Long Bagun, Long Pahangai pada Sabtu pukul 20.00 hingga Minggu dini hari, sedangkan di Kecamatan Laham, hujan ringan hanya terjadi pada Sabtu sekira pukul 23.00 WITA," kata Carolina.

Pewarta: M.Ghofar

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023