Sejumlah informasi seputar Kalimantan Timur (Kaltim) ditayangkan Kantor Berita ANTARA Biro Kaltim pada Rabu (30/8), mulai dari DPRD Kaltim proses tiga nama calon Penjabat (Pj) Gubernur jelang akhir masa jabatan Isran Noor pada 1 Oktober, hingga formasi pendaftaran calon aparatur sipil negara (ASN) yang diumumkan pada 16 September.

Berikut rangkuman informasi seputar Kaltim kemarin yang masih menarik untuk dibaca kembali.

1. Proses Pj Gubernur

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kalimantan Timur (Kaltim) memproses tiga nama calon penjabat (Pj) Gubernur yang diajukan oleh fraksi-fraksi di DPRD Kaltim, yang merupakan tiga nama teratas dari suara setiap fraksi.
 
Ketua DPRD Kaltim Hasanuddin Mas’ud di Samarinda, Rabu (30/8), mengatakan, setiap fraksi diminta mengumpulkan nama-nama calon Pj Gubernur Kaltim paling lambat pukul 12.00 WITA.

Berita selengkapnya bisa dibaca di sini.

2. KBRI Belanda kagumi cenderamata khas Kaltim

Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) untuk Kerajaan Belanda mengagumi cenderamata khas Kalimantan Timur, baik yang diserahkan oleh Ketua Komisi IV DPRD Kaltim Akhmed Reza Fachlevi maupun dari Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Muhammad Syafranuddin.

"Terima kasih banyak, cenderamata ini tentu membuat kami bangga betapa beragam kebudayaan Indonesia namun tetap utuh dalam kesatuan NKRI,” ujar Wakil Dubes RI untuk Belanda melalui keterangan pers yang diterima di Samarinda, Rabu.

Berita selengkapnya bisa dibaca di sini.

3. Dana Desa tersalurkan Rp455,89 miliar

Dana Desa untuk 841 desa yang tersebar pada tujuh kabupaten di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) selama 2023 hingga 29 Agustus tersalurkan Rp455,89 miliar dari total pagu sebesar Rp777,27 miliar sebagai upaya kegiatan desa makin menggeliat.

Kabid Pembangunan Desa dan Kawasan Perdesaan pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kaltim Aswanda, di Samarinda, Rabu, mengatakan bahwa penggunaan dana desa antara lain untuk pembangunan, pemberdayaan, dan bantuan langsung tunai.

Berita selengkapnya bisa dibaca di sini.

4. Lapas Narkotika Samarinda masuk 15 rehabilitasi terbaik

Lapas Narkotika Samarinda menjadi salah satu dari 15 Unit Pelaksana Teknis (UPT) percontohan terkait penyelenggaraan rehabilitasi sosial bagi narapidana narkoba di Indonesia.
 
"Secara nasional, dari 100 Lapas, kita tentukan 15 Lapas terbaik dalam program tersebut, kita evaluasi dan jadikan langkah percontohan  penyelenggaraan rehabilitasi yang terbaik. Salah satunya kita putuskan Lapas Narkotika Samarinda,” kata Direktur Kesehatan dan Perawatan Rehabilitasi Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kemenkumham RI Elly Yuzar di Samarinda, Rabu.

Berita selengkapnya bisa dibaca di sini.

5. Lowongan CASN dibuka 16 September

Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) akan mengumumkan rincian formasi lowongan ASN 2023 pada 16 September, sekaligus menjadi awal pendaftaran.

Secara umum, Kepala BKD Kaltim Deni Sutrisno, di Samarinda, Rabu, mengatakan jumlah formasi yang dibuka sebanyak 4.427, terdiri dari 2.789 formasi Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan 1.638 formasi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Berita selengkapnya bisa dibaca di sini.

Pewarta: Ahmad Rifandi

Editor : Imam Santoso


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023