Telkomsel  wilayah Papua, Maluku, Sulawesi, dan Kalimantan (Pamasuka).memiliki peran aktif dalam empat bidang yakni  bidang ekonomi, pendidikan, budaya, dan sosial. Hal itu disampaikan pihak Telkomsel pada Media Gathering yang diselenggarakan di Bali, Rabu-Jumat, 23-25 Agustus 2023.
 
“Jadi ini sebenarnya tagline kami di tahun ini, yaitu ‘bergerak berdampak’. Kami ingin memberikan dampak positif kepada masyarakat, pelanggan, dan mitra kami di area Pamasuka,” ujar Vice President Consumer Sales Telkomsel Area Pamasuka Mirza Budiwan.
 
Ia mengatakan di bidang ekonomi, Telkomsel ingin berperan aktif menumbuhkan perekonomian di daerah-daerah yang memiliki potensi besar, seperti Sulawesi Tengah dan Kalimantan Tengah. Salah satu caranya adalah dengan membangun infrastruktur telekomunikasi yang memadai dan merata.
 
“Kami ingin mendorong digitalisasi masyarakat agar mereka bisa mengembangkan usaha mereka tanpa harus terbatas oleh lokasi. Dengan adanya jaringan Telkomsel yang luas dan berkualitas, mereka bisa berkomunikasi, bertransaksi, dan belajar secara online,” kata Mirza.
 
Kemudian di bidang pendidikan,  beberapa program yang telah dilakukan oleh Telkomsel, seperti Papua Digital School, Kampus Merdeka, dan Magang Online. Program-program ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan kesempatan pendidikan bagi siswa dan mahasiswa di area Pamasuka.
 
“Papua Digital School adalah program beasiswa online yang kami berikan kepada siswa-siswa berprestasi di Papua," jelas Mirza.
 
Selain itu Kampus Merdeka adalah program kerjasama dengan beberapa perguruan tinggi untuk memberikan kesempatan belajar di luar kampus kepada mahasiswa. 
 
Kemudian Magang Online adalah program magang virtual yang Telkomsel tawarkan kepada mahasiswa yang ingin belajar tentang industri telekomunikasi.
 
Selanjutnya di bidang budaya, Telkomsel juga ingin melestarikan dan mempromosikan kekayaan budaya yang ada di area Pamasuka. Salah satu bentuknya adalah dengan mengadakan festival budaya online yang menampilkan berbagai seni dan tradisi dari daerah-daerah tersebut.
 
“Kami ingin mengapresiasi dan mengenalkan kebudayaan daerah kepada masyarakat luas. Dengan menggunakan platform digital, kami bisa menjangkau lebih banyak orang dan membuat mereka lebih menghargai keberagaman yang ada di Indonesia,” ucap Mirza.
 
Terakhir di bidang sosial,  Telkomsel juga ikut berperan aktif dalam membantu kesulitan-kesulitan yang terjadi di masyarakat. Hal ini dilakukan sebagai bentuk tanggung jawab sosial perusahaan kepada pelanggan dan masyarakat yang telah mendukung Telkomsel selama ini.
 
“Kami selalu berusaha untuk hadir dan memberikan bantuan ketika ada bencana alam, pandemi, atau masalah sosial lainnya. Kami juga memberikan donasi, bantuan logistik, fasilitas komunikasi, dan dukungan moral kepada korban dan relawan yang terlibat,” tutur Mirza.
 
Mirza menambahkan bahwa Telkomsel akan terus berkomitmen untuk memberikan layanan terbaik dan berkontribusi positif kepada masyarakat di area Pamasuka. Ia juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah bekerja sama dengan Telkomsel dalam mewujudkan visi tersebut.
 
“Kami berharap dengan adanya peran aktif Telkomsel di empat bidang ini, kami bisa membawa dampak yang baik bagi pembangunan daerah dan kesejahteraan masyarakat di area Pamasuka,” pungkas Mirza. 
 
Sementara Media Update dihadiri Vice President Corporate Communications Telkomsel Saki Hamsat Bramono, Vice President Consumer Sales Telkomsel Area Pamasuka Mirza Budiwan, Vice President Area Network Operations Telkomsel Pamasuka Andrias Indra dan Manager Corporate Communications Telkomsel Area Pamasuka Rina Dwi Noviani.

Pewarta: Ahmad Rifandi

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023