Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan semua daerah (kabupaten/kota) di Provinsi Kaltim mengalami hujan petir disertai angin kencang pada Kamis-Jumat (24/25), sehingga semua pihak diimbau waspada terhadap dampaknya.

"Dampak dari peristiwa tersebut antara lain jalan licin, banjir, sungai meluap, pohon tumbang, dan tanah longsor," kata Prakirawan Stasiun Meteorologi Kelas I Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan BMKG Balikpapan Ilham Rosihan Fachturoni di Balikpapan, Rabu.

Prakiraan cuaca ini pun telah ia sampaikan ke pihak terkait melalui Grup WhatsApp, termasuk ke Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) baik tingkat provinsi maupun kabupaten/kota, agar segera dilakukan mitigasi untuk meminimalisir dampaknya ke masyarakat.

Rinciannya antara lain di Kota Balikpapan pada Jumat pagi sekira pukul 05.00 dan 08.00 WITA, hujan petir di tiga kecamatan yakni Balikpapan Timur, Balikpapan Selatan dan Balikpapan Tengah.

Di Kota Samarinda pada Jumat pagi sekira pukul 08.00 WITA, hujan petir berpotensi terjadi pada empat kecamatan yakni Kecamatan Loa Janan Ilir, Palaran, Samarinda Seberang, dan Kecamatan Sungai Kunjang, sedangkan kecamatan lainnya hujan ringan.

Di Kabupaten Berau, hujan lebat hingga hujan petir berpotensi terjadi pada Kamis sekira pukul 20.00 dan 23.00 di lima kecamatan yakni Kelay, Tabalar, Biatan, Segah dan Kecamatan Talisayan.

Untuk Kota Bontang, hujan petir diprakirakan terjadi pada Kamis sekira pukul 23.00 WITA di tiga kecamatan, yakni Bontang Selatan, Bontang Utara, dan Bontang Barat, lantas pada Jumat pagi, hujan ringan di tiga kecamatan tersebut.

Kemudian di Kabupaten Kutai Barat, hujan petir terjadi pada Kamis pukul 17.00 di Kecamatan Bentian Besar dan Siluq Ngurai, pukul 20.00 di Kecamatan Melak, Barong Tongkok, Nyuatan dan Sekolaq Darat, pukul 23.00 di Kecamatan Sendawar, Damai, Melak, Muara Pahu, Barong Tongkok, Jempang, Mook Manaar Bulatn, Nyuatan, Muara Lawa, Sekolaq Darat, dan Tering.

"Pada Jumat dini hari pukul 02.00 - 05.00 WITA, hujan lebat hingga hujan petir berpotensi terjadi di Kecamatan Sendawar, Bentian Besar, Damai, Long Iram, Melak, Muara Pahu, Barong Tongkok, Jempang, Linggang Bigung, Mook Manaar Bulatn, Muara Lawa, Nyuatan, Sekolaq Darat, Siluq Ngurai, Tering," kata Ilham.
 

Pewarta: M.Ghofar

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023