Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) Kabupaten Paser  telah membentuk kepengurusan Forum Anak Kabupaten Paser periode 2023-2025. 

"Kepengurusan sudah terbentuk, saat ini sedang menyusun rencana kerja," kata Kepala DP2KBP3A Kabupaten Paser, Amir Faisol, di Tanah Grogot, Senin (21/8). 

Ia menyebutkan, pengurus Forum Anak yang telah dibentuk terdiri dari pelajar SLTP dan SMA se- Kabupaten Paser. Selanjutnya, kepengurusan Forum Anak tingkat kabupaten segera membentuk Forum Anak di tingkat kecamatan. 

Amir menerangkan Forum Anak merupakan mitra pemerintah dalam penanganan persoalan anak seperti kegiatan perlindungan perempuan dan anak, penanganan stunting, maupun pelatihan duta generasi berencana. 

Lanjutnya Forum Anak juga sebagai penyambung informasi di sekolah, Forum Anak melalui perwakilan pengurus bertugas menginformasikan tentang pencegahan stunting, kekerasan anak, bullying, efek negatif pernikahan dini, seks di luar nikah, hingga penyalahgunaan obat-obatan terlarang. 

Amir berharap keberadaan Forum Anak dapat berperan penting dalam penanganan kasus anak dan pemberdayaan anak di Kabupaten Paser.

"Terlebih saat ini Kabupaten Paser sudah memiliki status sebagai Kabupaten Layak Anak (KLA) kategori Pratama dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, " katanya. 

Adapun pengurus Forum Anak Kabupaten Paser periode 2023 – 2025, Ketua Ilham Aditya Nugraha  dari SMA 2 Tanah Grogot, Sekretaris M. Raihan Aryadinata  dari SMKN 4 Tanah Grogot, Bendahara Nur Masyithah Sari Dewi  dari SMKN 1 Tanah Grogot. 
 

Pewarta: R. Wartono

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023