Ketua Gabungan Bridge Seluruh Indonesia (Gabsi) Provinsi Kalimantan Timur Agus Suwandi mengharapkan atlet bridge dari provinsi tersebut bisa menyumbang medali emas pada PON ke-21 di Aceh dan Sumatera Utara 2024.

"KONI Kaltim telah memberikan lampu hijau persiapan menuju PON dengan melakukan try out, rencananya kami berlatih ke Korea Selatan," kata Agus Suwandi usai terpilih aklamasi menjabat Ketua Gabsi Kaltim periode 2023-2027 pada Musyawarah Provinsi di Samarinda, Sabtu.

Musyawarah Provinsi Gabsi Kaltim dihadiri 10 pengcab Gabsi kabupaten dan kota se-Kaltim. Agus Suwandi merupakan calon tunggal untuk menggantikan ketua lama Muhammad Yamin yang telah berakhir masa jabatannya.

Agus Suwandi mengatakan target tinggi di ajang pesta olahraga empat tahunan tersebut didasarkan pada catatan prestasi atlet Kaltim yang pernah meraih medali emas pada PON Jakarta 1996.

"Dan dari ajang Pra-PON di Palembang tahun ini, Kaltim meloloskan tim beregu putri setelah meraih medali perunggu. Prestasi tersebut harus ditingkatkan pada PON mendatang. Kami akan kawal terus persiapannya kalau bisa berubah menjadi emas," jelas Agus Suwandi.

Selain fokus persiapan menuju PON, Agus Suwandi juga memprioritaskan program pembinaan olahraga bridge di sepuluh kabupaten dan kota di Kaltim. 

"Dalam waktu dekat kami akan melakukan standardisasi pemain bridge di daerah dengan mengadakan program pelatihan. Target kami minimal semua wilayah kabupaten dan kota di Kaltim punya pelatih dan wasit yang telah bersertifikat," jelasnya.

Sementara itu, Ketua KONI Kaltim Rusdiansyah Aras mengharapkan ketua terpilih Gabsi Kaltim bisa membawa kemajuan prestasi cabang olahraga bridge di tingkat nasional.

"Dengan kiprah pernah menjadi Ketua Perbasi Kaltim dan Ketua PGI Kaltim, saat itu tim basket Putri Kaltim pernah meraih emas PON 2008, demikian juga dengan prestasi golf Kaltim di tingkat nasional saat Agus Suwandi menjadi ketua. Saya berharap saat memimpin bridge Kaltim ada peningkatan prestasi, dan tentunya kami bersyukur bila bridge Kaltim turut menyumbangkan emas pada PON 2024," kata Rusdiansyah Aras.

Rusdi mengatakan saat ini para atlet Kaltim tengah berjuang untuk meraih tiket menuju ajang PON ke-21 di Sumut dan Aceh.

"Hasil sementara Pra-PON, dari 20 cabang olahraga yang telah menyelesaikan babak pra kualifikasi menempatkan Kaltim pada peringkat keenam nasional dengan 168 atlet lolos PON," jelas Rusdi.

Rusdi berharap atlet Kaltim yang belum menyelesaikan Pra-PON terus berjuang seoptimal mungkin meraih prestasi di tingkat nasional.

"Saat ini cabang sepatu roda tengah melaksanakan kejuaraan nasional Pra-PON, dan sementara telah ada laporan bahwa atlet Kaltim mendapatkan dua medali emas.

Selain itu, cabang catur juga sedang mempersiapkan keberangkatan menuju Kalimantan Barat untuk mengikuti Kejurnas Pra-PON. "Kami berharap dukungan dan doa masyarakat Kaltim demi kesuksesan para atlet meraih prestasi terbaik di tingkat nasional," kata Rusdi.

Pewarta: Arumanto

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023