Sejumlah informasi seputar Kalimantan Timur (Kaltim) ditayangkan Kantor Berita ANTARA Biro Kaltim pada Senin (14/8), mulai Pemprov Kaltim melakukan rapat koordinasi dan sosialisasi terkait Peraturan Gubernur tentang penerimaan tambang, hingga Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) luncurkan sekolah lansia pertama di Kaltim.
 
Berikut rangkuman informasi seputar Kaltim kemarin yang masih menarik untuk dibaca kembali.
 
1. Rakor Pergub penerimaan tambang
 
Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Timur (Kaltim) melakukan sosialisasi terkait Peraturan Gubernur (Pergub) Kaltim No. 34 tahun 2023 tentang tata cara pengenaan, penghitungan dan pembayaran/penyetoran penerimaan daerah yang berasal dari keuntungan bersih perusahaan pemegang izin usaha pertambangan khusus (IUPK), sebagai kelanjutan operasi kontrak/perjanjian.
 
Tujuan Pergub itu adalah memberikan kepastian hukum bagi pemerintah daerah dan perusahaan pemegang IUPK dalam hal pengenaan, penghitungan dan pembayaran/penyetoran penerimaan daerah yang berasal dari keuntungan bersih perusahaan.
 
Berita selengkapnya bisa dibaca di sini.
 
2. IKN magnet wisata
 
Dinas Pariwisata Provinsi Kalimatan Timur (Dispar) Kaltim menyatakan, penetapan Kaltim sebagai lokasi Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara mampu menjadikan magnet bagi warga lain untuk datang, sehingga akan berdampak pada peningkatan perjalanan pariwisata domestik.
 
Secara nasional, jumlah perjalanan pariwisata domestik semester pertama 2023 mencapai 433,57 juta orang, meningkat 12,6 persen dibandingkan periode yang sama 2022.
 
Berita selengkapnya bisa dibaca di sini.
 
3. Peluncuran sekolah lansia pertama
 
Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Perwakilan Kalimantan Timur meluncurkan program sekolah lanjut usia (lansia) pertama di Benua Etam, dengan nama Sekolah Lansia Gema Lantang.
 
Program itu bertujuan memberikan pembinaan dan pemberdayaan bagi para lansia agar mereka bisa hidup sehat, mandiri, aktif, produktif, dan bermartabat.

Berita selengkapnya bisa dibaca di sini.
 
4. Penajam bidik pendapatan Rp2,151 triliun
 
Target pendapatan pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Perubahan Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur, Tahun 2023 mencapai Rp2,151 triliun.
 
Bupati Penajam Paser Utara Hamdam Pongrewa di Penajam, Kaltim, Senin, mengatakan target itu terdiri atas pendapatan asli daerah (PAD) Rp97,1 miliar atau mengalami kenaikan dari APBD murni 2023 yang Rp6,1 miliar.
 
Berita selengkapnya bisa dibaca di sini.
 
5. Pangan murah kendalikan inflasi
 
Pemerintah Kabupaten Paser, Kalimantan Timur, menggelar kegiatan Gerakan Pangan Murah (GPM) guna menjaga stabilisasi pasokan maupun harga pangan kebutuhan pokok, sekaligus mengendalikan inflasi.
 
Komoditi yang dijual antara lain beras premium, gula, terigu, daging dan minyak goreng serta sayur-sayuran. Kegiatan GPM di Paser digelar selama tiga hari, pada 14-16 Agustus di Kios Pangan Jalan R.A. Kartini, Kota Tanah Grogot.
 
Berita selengkapnya bisa dibaca di sini.

Pewarta: Ahmad Rifandi

Editor : Imam Santoso


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023