Sebanyak 38 siswa calon anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) pada peringatan HUT RI ke-78 di Provinsi Kalimantan Timur telah menjalani pendidikan dan pelatihan (diklat) untuk persiapan bertugas pada 17 Agustus 2023.

Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Provinsi Kaltim, M. Syirajuddin mengatakan, calon Paskibraka tersebut dijadwalkan menjalani diklat selama 28 hari, yakni dari 27 Juli hingga 24 Agustus 2023 di Gelora Kadrie Oening, gedung asrama 1 Jalan Wahid Hasyim, Samarinda.

"Selain latihan fisik, mereka juga akan mendapatkan materi pendidikan psikologi dan kesehatan," kata Syirajuddin.

Selama diklat, para calon paskibraka akan mendapatkan bimbingan dari tim pelatih terdiri dari 3 anggota TNI, 3 anggota Polri, 6 orang Narasumber, 2 orang Psikolog dan 2 orang tenaga kesehatan.

"Mereka adalah calon Paskibraka yang luar biasa antusias mewakili seluruh kabupaten/kota. Selamat kepada kalian yang paling hebat dan terpilih," ucap Iyat, sapaan akrab M. Syirajuddin.

Ia mengatakan melalui pemusatan pendidikan ini diharapkan akan menumbuhkan rasa persatuan di kalangan generasi muda, membangun karakter pemuda yang kuat, beriman dan takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, serta cinta terhadap tanah air dan bangsa.

"Selama 28 hari, saya yakin mereka akan mengikuti arahan pelatih dengan disiplin,"tegas M. Syirajuddin.

Proses seleksi untuk menjadi anggota Paskibraka tidaklah mudah, dimulai dari tahapan seleksi hingga terpilih 40 peserta, di mana 2 di antaranya akan dikirim ke Pusat untuk menjadi anggota Paskibraka di Istana Negara.

"Pemerintah Provinsi sangat berharap para peserta Paskibraka Kaltim menunjukkan kesungguhan, keseriusan dan mengikuti semua arahan pelatih," pesannya.

Dari 38 peserta yang terpilih, mereka akan bertugas dalam menaikkan dan menurunkan bendera saat perayaan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia yang ke-78 pada tahun 2023.

"Kalian tidak berdiri sendiri, tetapi dituntut untuk bekerja sama, tidak egois, dan tidak saling menjatuhkan. Semoga kalian diberikan kekuatan, kesehatan dan kelancaran dalam tugas ini," pesan Iyat. 
 

Pewarta: Arumanto

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023