Anggota DPRD Provinsi Kalimantan Timur Salehuddin mendukung peningkatan kompetensi pengawas sekolah di Benua Etam.
 
"Fakta bahwa jumlah guru dalam sistem pendidikan jauh lebih banyak daripada jumlah pengawas, berarti perhatian lebih terhadap peningkatan kompetensi pengawas lebih dibutuhkan," ujar Salehuddin di Samarinda, Minggu.
 
Menurut Salehuddin, pengawas seringkali mengalami keterlambatan dalam menerima informasi dan pelatihan yang dibutuhkan. Tapi, persoalan itu dapat diatasi melalui sinergi Dinas Pendidikan Kaltim dan pengawas sekolah.
 
Salehuddin meminta Dinas Pendidikan Provinsi Kaltim dapat mengambil peran aktif untuk meningkatkan kompetensi pengawas sekolah.
 
"Mengingat satu pengawas harus mengawasi beberapa sekolah dan ratusan guru, perlu perbaikan dalam sistem rekrutmen pengawas," katanya.

Anggota legislatif asal Kutai Kartanegara itu berharap aturan terkait pengangkatan pengawas dapat direvisi sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendik) yang berlaku agar meningkatkan efisiensi dan efektivitas pengawasan di sektor pendidikan.
 
Salehuddin juga menyoroti pentingnya perhatian terhadap kesejahteraan pengawas sekolah. 
 
"Pengawas yang memiliki kesejahteraan yang memadai akan lebih termotivasi dalam melaksanakan tugasnya dan memberikan kontribusi positif bagi peningkatan mutu pendidikan," ungkapnya.

Pewarta: Ahmad Rifandi

Editor : Imam Santoso


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023