Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunak ) Kabupaten Paser melaksanakan  vaksinasi rabies  sebanyak 2.500 dosis untuk mencegah penyebaran kasus rabies.

“Target kami, 2.500 dosis vaksin  rabies diberikan kepada hewan peliharaan masyarakat seperti anjing, kucing dan kera,“ kata Sriatun  Spt,  Analis  Muda pada Disbunak Kabupaten Paser, Selasa (18/7).

Kegiatan vaksinasi rabies ini dilakukan  petugas dari pusat kesehatan hewan  (Puskeswan) di  masing-masing  kecamatan bekerja sama dengan dinas kesehatan.

“Ada 38 petugas yang melakukan vaksinasi, “ katanya.

Menurutnya, pada Selasa (18/7)  petugas melakukan vaksinasi rabies di wilayah Kecamatan Tanah Grogot yang dipusatkan di Desa Tapis.

Lanjutnya, di Desa Tapis, telah disediakan 200 dosis vaksin rabies,“ katanya.

Dari 10 kecamatan yang ada di Kabupaten Paser, tiga kecamatan yang membutuhkan dosis vaksin rabies terbanyak yakni Kecamatan Tanah Grogot,  Kuaro dan Batu Kajang.

“ Tiga wilayah kecamatan itu  paling banyak pupulasi hewannya,” kata Sriatun.

Sebelumnya, kata dia, pemberian vaksin dilakukan door to door  yakni petugas mendatangi masyarakat pemilik hewan, namun kali ini dilakukan dengan menyiapkan satu lokasi pelayanan.

“Kegiatan dipusatkan di satu titik untuk efektivitas pelayanan,” katanya.

Sriatun menambahkan vaksinasi rabies rutin dilakukan Disbunak Paser setiap tahun.  Apalagi saat ini kasus rabies sedang  menjadi perhatian, seperti yang terjadi di Kabupaten Barito Provinsi Kalimantan Tengah.

"Secara umum Kalimantan belum bebas dari rabies," kata Sriatun.

 

Pewarta: R. Wartono

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023