Wakil Ketua Asosiasi Pengusaha Batubara Indonesia (APBI) yang juga petinggi di PT Mitra Maju Sukses Group Indonesia (MMSGI) Adri Martowardojo dinobatkan sebagai Top Leader on CSR Commitment 2023 oleh majalah TopBusiness. Adri mempersembahkan penghargaannya untuk masyarakat Kalimantan Timur di mana MMSGI berusaha.

“Suatu kehormatan bagi saya,” kata Adri, Senin.

MMSGI adalah perusahaan pertambangan perdagangan mineral dan terutama batubara, pengembang dan properti, peternakan sapi, perkebunan jagung, dan smelter nikel.

Tambang dan batubara yang diperdagangkan MMSGI berasal dari Bumi Etam Kalimantan Timur, peternakan sapi dan perkebunan jagung ada di Jonggon, Kutai Kartanegara, sementara smelter nikel ada di Balikpapan.

“Program CSR yang kami jalankan didasarkan pada nilai-nilai keharmonisan dan saling menguntungkan antara perusahaan dan masyarakat Kaltim,” lanjut Ardi.

Beberapa program CSR yang dikerjakan MMSGI adalah pembangunan dan penyerahan rumah layak huni, pembangunan fasilitas peternakan sapi dan beasiswa pendidikan. Di masa wabah COVID-19, MMSGI menyumbang 1.000 dosis vaksin, oksimeter, tempat tidur, hingga mobil operasional.

Ardi menjelaskan, bahwa kesejahteraan masyarakat sekitar perusahaan menjadi salah satu fokus utama. Perusahaan berusaha sedapat mungkin memberdayakan masyarakat dan ekonomi setempat dengan menciptakan lapangan kerja, memperkuat keterampilan warga, mendukung usaha kecil dan menengah.

Ardri Martowardojo (ANTARA/HO-MMSGI)

Sebagai contoh, MMSGI tengah melakukan pengembangan Mini Ranch Jayatama, fasilitas peternakan modern yang terintegrasi dengan perkebunan jagung.

Fasilitas peternakan ini berkapasitas 200 sapi, dilengkapi lahan untuk menanam pakan berupa jagung dan rumput. Perusahaan bekerjasama dengan Universitas Padjadjaran untuk mengembangkan ranch tersebut bersama para peternak lokal.  

“Program pemberdayaan ekonomi masyarakat ini disinergikan dengan program prioritas pemerintah sesuai RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah) dan Program Pengembangan Masyarakat (PPM)  Kalimantan Timur yang mendukung pengentasan kemiskinan dan sekaligus berperan serta dalam pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan,” demikian.

, serta diseminasi Good Farming Practices kepada peternak lokal yang bekerjasama dengan universitas seperti Universitas Padjajaran yang memberikan bantuan edukasi, pembinaan  dan tenaga untuk kolaborasi bersama peternak lokal.

 

Pewarta: Novi Abdi

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023