Samarinda (ANTARA Kaltim)- Universitas Mulawarman (Unmul) Samarinda, memberikan piagam penghargaan kepada 15 mahasiswa yang berprestasi di ajang SEA Games 2013 di Myanmar dan Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (Pomnas) November 2013 di Jogjakarta.

"Saya akui kegiatan ini tidak terlepas dari nota kesepahaman (MoU) antara KONI Kaltim dan Unmul beberapa waktu lalu. Kita menghargai prestasi mahasiswa di bidang olahraga, semoga dengan penghargaan ini para mahasiswa bisa terus meningkatkan prestasinya," kata Rektor Unmul Prof Zamruddin Hasyid di Samarinda, Rabu.

Ia mengatakam, sebelum ada MoU itu, rektorat selama ini juga telah memberikan perhatian bagi mahasiswa berprestasi namun tidak seperti sekarang.

"Harapan kita agar sebagai seorang mahasiswa, maka mereka bukan hanya sukses di dunia olahraga namun juga berprestasi di bidang akademik karena ini menyangkut masa depan mereka sendiri," ujarnya.

Penyerahan penghargaan itu dihadiri juga Ketua Umum KONI Kaltim Zuhdi Yahya dan Ketua Badan Pembinan Olahraga (Bapomi) Unmul Samarinda Helminuddin.

Zuhdi dalam sambutannya mengingatkan kembali butir kesepahaman dalam naskah MoU baik dengan Unmul maupun dengan Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Samarinda, yakni tentang prioritas bagi atlet berprestasi saat masuk ke perguruan tinggi setempat.

Ia juga mengingatkan tentang program pemberian beasiswa bagi mahasiswa yang berprestasi di dunia olahraga.

"Beberapa waktu lalu, Badan Kepegawaian Daerah (BKD) juga sudah berjanji untuk memprioritaskan atlet-atlet berprestasi untuk mengikuti seleksi CPNS 2014. Jadi saat ini pilihan menjadi seorang atlet, sangat menjanjikan, asal benar-benar serius menekuninya," ujar Zuhdi.

Beberapa atlet berprestasi yang masih kuliah di Unmul antara lain Kusno Hadi Saputra (gulat) dan Chelsie Monica (catur), keduanya tercatat meraih emas di SEA Games.   (*)

Pewarta: Arumanto

Editor : Amirullah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2014