Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Samarinda membutuhkan waktu satu jam memadamkan dua bangunan kayu yang hangus terbakar di Jalan Milono Gang 1 RT 12, Kelurahan Jawa, Kecamatan Samarinda Ulu, Kota Samarinda, Rabu.
 
"Ada dua bangunan yang terbakar, dan kami membutuhkan waktu satu jam untuk memadamkannya dengan menurunkan tim dari empat posko," kata Kepala Damkar Kota Samarinda Hendra AH saat diwawancara usai pemadaman di tempat kejadian perkara (TKP).
 
Ia mengatakan, peristiwa kebakaran itu sekitar pukul 11.30 WITA, dan dapat dipadamkan sekitar pukul 12.30 WITA, dengan menurunkan delapan truk pemadam dari empat posko dan dibantu para relawan.
 
Dikemukakannya, kendala di lapangan saat pemadaman adalah  akses jalan masuk ke TKP yang sempit, sehingga truk pemadam tidak masuk, sehingga selang pemadam ditarik hingga panjang 450 meter, ini yang terpanjang yang pernah dikeluarkan. 
 
"Namun kami terbantu dengan pemadaman dengan  menggunakan motor atau pemadam portable, yang  dapat langsung masuk ke lokasi kebakaran," kata Hendra.
 
Adapun penyebab kebakaran, katanya, masih dilakukan penyelidikan lebih lanjut, berikut juga dengan data jiwa atau keluarga yang terdampak.
 
"Kami berharap agar masyarakat juga meningkatkan kesadaran akan kebakaran dan melakukan langkah-langkah pencegahan yang diperlukan untuk menjaga keamanan rumah dan lingkungan," kata Hendra.
.
Sementara menurut salah seorang saksi, warga yang tinggal di dekat lokasi kejadian, Lina, mengatakan api diduga berasal dari korsleting listrik atau hubungan arus pendek 
di dalam kamar tetangganya.
 
“Saya kurang lihat dengan jelas, tiba-tiba api sudah besar, sepertinya dari arah kamar dan ada bau terbakar gosong,” ucap Lina.
 

Pewarta: Ahmad Rifandi

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023