Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur menggelar edukasi kepada masyarakat agar menjadi konsumen cerdas yang mengerti hak dan kewajiban mereka, serta teliti sebelum membeli dan memperhatikan mutu produk sehingga berkontribusi terhadap pengendalian inflasi.

"Kami mengajak kepada masyarakat Kaltim, jadilah konsumen yang cerdas, teliti sebelum berbelanja dengan memperhatikan mutu produk, serta pahami tentang perlindungan konsumen," ucap Asisten Perekonomian dan Administrasi Pembangunan Provinsi Kaltim Ujang Rachmad di Samarinda, Minggu.

Kegiatan edukasi sebagai konsumen cerdas itu disampaikan Ujang pada peringatan Hari Konsumen Nasional (Hakornas) 2023 pada 2 Juli di Benua Etam.

Baca juga: Survei BI tampilkan ekonomi Kaltim terjaga
 
Peringatan Hari Konsumen Nasional, menurut Ujang, merupakan wujud kehadiran negara dalam melindungi konsumen sekaligus menjadi momentum untuk meningkatkan perlindungan konsumen. Masyarakat sebagai konsumen juga diharapkan menjadi penentu utama kegiatan ekonomi.

Edukasi masyarakat sebagai konsumen cerdas juga menjadi upaya Pemprov Kaltim untuk menekan laju inflasi di daerah.
 
Pemprov Kaltim melalui Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (Disperindagkop UMKM) juga menggelar pasar murah sebagai bagian dari kegiatan peringatan Hari Konsumen Nasional sekaligus pemberdayaan usaha mikro, kecil dan menengah.
 
"Inflasi kami turun. Pada Mei, tingkat inflasi pada angka 0,42 persen. Tapi sekarang, turun menjadi 0,2 persen," kata Ujang.

Baca juga: Indeks Keyakinan Konsumen Kaltim mencapai 141,3
 
Plt Kadisperindagkop UMKM Kaltim Heny Purwaningsih menyatakan Harkonas 2023 menjadi langkah penciptaan sistem perdagangan yang adil dan jujur. 
 
Heny mengingatkan semua orang adalah konsumen yang memberikan kontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi negara.
 
"Konsumen itu melekat kepribadian masing-masing. Siapapun kita, apapun pekerjaan kita, kita semua adalah konsumen. Penting sekali untuk menjaga keamanan dan kenyamanan konsumen dalam melakukan transaksi," kata Heny.
 
Peringatan Hari Konsumen Nasional (Harkonas) 2023 digelar di Halaman Parkir GOR Kadrie Oening Sempaja, Minggu (2/7/2023). Harkonas 2023 ini dirangkai dengan Jalan Sehat, Pasar Murah dan Taks Show tentang konsumen cerdas.

Pewarta: Ahmad Rifandi

Editor : Imam Santoso


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023