Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim) Isran Noor memberi motivasi kepada kontingen Kaltim untuk berjuang semaksimal mungkin sehingga bisa meraih prestasi juara pada kegiatan Jumpa Bakti dan Gembira Palang Merah Remaja (Jumbara PMR) tingkat Nasional IX Tahun 2023 di Kalianda, Lampung Selatan.

"Bawa dan kibarkan bendera pataka PMI Provinsi Kaltim ini setinggi-tingginya di Provinsi Lampung,” ucap Gubernur Isran Noor saat melepas kontingen Kaltim di Samarinda, Sabtu.

Acara pelepasan ditandai dengan penyerahan bendera pataka Palang Merah Indonesia (PMI) oleh Gubernur Isran Noor kepada Ketua PMI Kaltim Sayid Irwan.

Gubernur Isran Noor mengharapkan kontingen Kaltim bisa menjaga kondisi fisik dan kesehatan sehingga mampu mengikuti seluruh rangkaian kegiatan Jumbara PMR Nasional IX 2023 dan mendapat prestasi terbaik, mengharumkan nama Kaltim di tingkat nasional.

Apalagi, lanjut dia, Jumbara ditujukan dalam rangka evaluasi dan pembinaan serta pengembangan generasi muda melalui wadah PMR.

“Jadi jangan sia-siakan dan gunakanlah kesempatan ini dengan sebaik-baiknya, agar remaja Kaltim juga mendapatkan banyak pengetahuan, keterampilan, dan wawasan luas. Termasuk mendapatkan pertemanan dari seluruh wilayah Indonesia. Tetap jaga etika dan sopan santun, junjung tinggi sportivitas, selalu kompak, dan saling bekerja sama dalam tim yang kokoh,” pesan Gubernur Isran Noor.

Kontingen Kaltim pada Jumbara PMR 2023 berjumlah 113 orang yang terdiri dari 94 peserta sisanya pendamping dan peninjau. Peserta terbagi untuk tiga kategori umur yaitu PMR Mula (SD/MI), PMR Madya (SMP/MTs), dan PMR Wira (SMA/SMK/MA).

Mereka akan mengikuti beberapa kegiatan selama kurang lebih delapan hari (2-10 Juli) 2023, diantaranya berkemah, peragaan keterampilan dasar, seperti P3K, ayo siaga bencana, perawatan keluarga kepemimpinan, dan kesehatan reproduksi.
 

Pewarta: Arumanto

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023