Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Paser melakukan gerakan angkut sampah sama-sama (GASS) dengan melibatkan  komponen masyarakat.

"Kegiatan GASS hari ini bersih bersih di Pasar Induk Penyembolum Senaken Tanah Grogot, " kata Kepala DLH Kabupaten Paser Achmad Safari, Jumat (23/6).

Adapun kegiatan GASS ini diikuti sekitar 100 petugas dari DLH, UPTD Pasar, TNI, Brigade Tahura, Forum  RT, pramuka, relawan dan  pemerintah kecamatan.

Safari mengungkapkan kegiatan GASS, selain membersihkan pasar terbesar di Kabupaten Paser juga  membersihkan drainase- drainase di Kota Tanah Grogot.

Dikemukakannya, kegiatan bersih- bersih tersebut dirangkai dengan sosialisasi program pembatasan penggunaan kantong plastik dengan himbauan  mengurangi penggunaan kantong plastik karena sampah bahan jenis plastik sulit untuk diurai.

Pada kegiatan itu juga petugas memberikan tas dari hasil daur ulang dari bank sampah unit Gama kepada masyarakat yang sedang belanja di pasar.

Dia berharap kepada masyarakat bisa menggunakan tas yang ramah lingkungan.

"Kegiatan GASS ini merupakan kegiatan dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup se-Dunia," katanya.

Safari menambahkan, selain kegiatan GASS, DLH Paser juga melakukan Talk Show bertemakan Lingkungan dengan mengundang stakeholder dan pelaku usaha.

 

Pewarta: R. Wartono

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023