PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Unit Balikpapan bersama 59 komunitas warga menggelar kegiatan bersih pantai sepanjang 10 km mulai dari Pantai Melawai, Banua Patra, hingga Bandara Sepinggan.
 

“Kegiatan yang dilaksanakan pada Sabtu 10 Juni itu sebagai tanda peringatan Hari Lingkungan Hidup Internasional,” kata General Manager (GM) KPI Unit Balikpapan Arafat Bayu Nugroho, Rabu.   

Adapun para komunitas yang terlibat diantaranya komunitas penggemar olahraga lari, komunitas offroader, sebagian besar paguyuban etnis yang ada di Kota Minyak, hingga warga dengan latar belakang pekerjaan yang sama seperti paguyuban nelayan ataupun yang tinggal di lingkungan yang sama.

Kegiatan bersih-bersih pantai berarti memunguti sampah, terutama sampah plastik, yang tercecer dan yang terdampar di pantai.

Komunitas para pelari lintas alam Balikpapan Hash House Harriers (BH3) yang rutin menggelar kegiatan ini sebulan sekali di lokasi pantai yang berbeda-beda, bisa mengumpulkan hingga 500 kg sampah plastik hanya di pantai sepanjang 500 meter.

“Sampah yang terkumpul kami buang ke TPS terdekat, biasanya sampai penuh satu bak pickup,” kata Edmond, penggiat BH3.

Menurut GM Arafat, kegiatan ini memang untuk meningkatkan kesadaran masyarakat Balikpapan dalam menjaga dan melindungi lingkungan hidup, menumbuhkan gaya hidup yang memelihara alam dan lingkungan, dan bila mendapati masalah lingkungan, mau meluangkan waktu, barangkali juga berbagi tenaga dan pikiran untuk mengatasinya.

“Dan kami senang banyak sekali yang mau terlibat, itu bukti masih banyak pihak yang peduli pada kebersihan lingkungan,” kata GM lagi.

Sebagai bagian dari peringatan Hari Lingkungan Hidup Internasional, kegiatan ini juga mendapat dukungan penuh dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, terutama Direktorat Jenderal Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan. 

Pewarta: Novi Abdi

Editor : Abdul Hakim Muhiddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023