Pasukan Pemadam Kebakaran dari Komando Resor Militer (Korem) 091/Aji Surya Natakesuma (ASN) Samarinda, Kalimantan Timur, turut membantu memadamkan api saat terjadi kebakaran rumah di kawasan Temindung Permai, Kota Samarinda yang terjadi pada Kamis siang 

"Lokasi kejadian yang berada di kawasan padat pemukiman penduduk membuat api sulit dipadamkan karena kenderaan sulit masuk,” ujar Serda (Purn) Agus Suprianto, pensiunan TNI yang tergabung di PMK Korem 091/ASN, setelah memadamkan api dalam kebakaran itu di Samarinda, Kamis.

Lokasi kebakaran yang berada di kawasan padat pemukiman tersebut juga ditambah dengan kondisi bangunan warga yang rata-rata terbuat dari kayu, sehingga hal ini membuat api cepat membesar.

Dalam rilis yang dikirim oleh Penerangan Korem (Penrem) 091/ASN disebutkan, meski Agus Suprianto sudah pensiun, namun ia masih energik melakukan berbagai aksi kemanusiaan, termasuk membantu memadamkan kebakaran hingga mencucurkan keringat.

Musibah kebakaran ini terjadi di Jalan Gelatik 1 Blok C, RT 13, Kelurahan Temindung Permai, Kecamatan Sungai Pinang, Kota Samarinda.

Berdasarkan data yang diperoleh, peristiwa ini menghanguskan delapan bangunan, terdiri atas satu bangsal yang terdiri 26 pintu, kemudian tujuh rumah tunggal yang totalnya dihuni oleh 14 kepala keluarga (KK) dengan 45 jiwa.

"Relawan kewalahan memadamkan api karena akses menuju titik api merupakan gang sempit, sehingga akses tersebut tidak dapat dilalui oleh mobil tangki air pemadam," katanya.

Ia menuturkan, begitu mengetahui terjadi kebakaran rumah, unit PMK Korem 091/ASN yang dikendarai oleh Sertu Puguh Widodo langsung menuju ke lokasi, guna membantu mengatasi musibah tersebut.

"Peran banyak pihak sangat membantu dalam menangani kebakaran, bahkan peran Bintara Pembina Desa (Babinsa) juga sangat penting, karena mereka yang berada di lapangan langsung, bahkan dari Babinsa inilah kami mendapatkan laporan," ujar Agus Suprianto.*

Pewarta: M.Ghofar

Editor : M.Ghofar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023