Sejumlah informasi  seputar  Kalimantan Timur (Kaltim) ditayangkan  Kantor Berita ANTARA  Biro Kaltim pada Minggu (7/5), mulai dari  laporan BMKG Balikpapan yang menyatakan titik panas di Kaltim turun jadi enam lokasi, hingga Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Penajam Pasaer Utara (PPU) menyebutkan 70 persen calon jamaah haji sudha lunas  biaya perjalanan ibadah haji (Bipih).

Beginilah rangkuman informasi seputar  Kaltim kemarin yang masih menarik untuk dibaca kembali.

1. Titik panas di Kaltim turun jadi enam lokasi

Jumlah titik panas di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) pada Ahad ini turun menjadi 6 lokasi/titik, dari dua hari sebelumnya yang sebanyak 23 lokasi, berdasarkan laporan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Balikpapan.

Sebanyak 6 titik panas itu terpantau hari ini mulai pukul 01.00 hingga pukul 17.00 Wita dan langsung diinformasikan ke instansi terkait, termasuk ke Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) baik di tingkat Provinsi Kaltim maupun kabupaten masing-masing agar segera mendapat penanganan.

Selengkapnya silahkan diklik.

2. Kilang Balikpapan tetap produksi BBM selama lebaran

Selama masa libur Idul Fitri lalu, Kilang Pertamina Balikpapan memproduksi 962,7 ribu barel bahan bakar jenis gasoline dan 450 ribu avtur, serta 4,48 juta barel gasoil.

Gasoline adalah bahan bakar minyak (BBM) yang dijual dengan nama pertalite, pertamax, dan pertamax turbo. Gasoil adalah pertadex dan dexlight, serta solar. Avtur adalah bahan bakar untuk pesawat terbang.

Selengkapnya silahkan diklik.

3. Pemkab Kukar minta optimalkan serapan anggaran

Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur telah menerbitkan Surat Edaran (SE) Bupati Nomor B-949/SETKAB/ABBANG.II/903/04/2023 dalam rangka percepatan proses pengadaan barang dan jasa serta optimalisasi penyerapan anggaran tahun 2023 di Pemerintahan setempat.

Bupati Kukar, Edi Damansyah menyebutkan, ada tujuh poin penting yang ada dalam surat edaran tersebut yang harus menjadi perhatian seluruh kepala organisasi perangkat daerah (OPD).

Selengkapnya silahkan diklik.

4. PT Badak LNG belajar ke PT PKT belajar keramba jaring apung

Keberhasilan PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim) dalam pengembangan program Creating Shared Value (CSV) Keramba Jaring Apung (KJA) bagi nelayan Bontang, menarik perhatian sejumlah pihak untuk diadopsi sesuai tata kelola Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) perusahaan.

Spv Housing sekaligus PIC Kehati Badak LNG Reta Yudistiana, mengungkapkan pihaknya ingin belajar lebih dalam terkait tata kelola KJA yang selama ini dilaksanakan Pupuk Kaltim bagi nelayan Bontang, agar bisa turut diterapkan untuk optimalisasi sasaran CSR perusahaan bagi masyarakat dan lingkungan.

Selengkapnya silahkan diklik.

5. 70 persen calon haji Penajam sudah  lunasi ongkos naik haji

Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur menyebutkan 70 persen dari 122 calon jamaah haji yang sudah mendapatkan kuota keberangkatan ke Tanah Suci pada tahun ini sudah melunasi biaya perjalanan ibadah haji (Bipih).

Jadwal keberangkatan secara umum, lanjut dia, jamaah haji asal Kalimantan Timur dimulai pada 25 Mei 2023, dan Kabupaten Penajam Paser Utara terdapat 12 calon jamaah haji lansia (lanjut usia).

Selengkapnya silahkan diklik.

Pewarta: Ahmad Rifandi

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023