Setelah sukses digelar di Sumatera dengan titel Sumatra Tribute pada 2022 lalau, kini event perjalanan petualangan kembali digelar Borneo Tribute to Camel Trophy menempuh medan ekstrem (touring offroad adventure) dengan jarak 1500 kilometer yang berlangsung  di Kalimantan.

"Borneo Tribute Insya Allah digelar  20 Mei-4 Juni 2023, dengan rute Samarinda-Balikpapan," ungkap event director dari Land Rover Club Indonesia (LRCI) Greefion Kamil, Minggu. 

Ia mengatakan, sebelumnya Sumatra Tribute adalah napak tilas Camel Trophy Sumatra 1981 dari Berastagi, Sumatera Utara, ke Jambi. Borneo Tribute adalah event napak tilas perjalanan Camel Trophy Borneo 1985.

Dikemukakannya, Borneo Tribute 2023 rute dimulai dari kota Samarinda menyusuri pesisir terus ke utara hingga Sangatta, Kutai Timur, belok kiri dan maju hingga lebih kurang 100 km ke barat untuk kemudian kembali ke selatan dan terus lurus hingga bertemu Danau Jempang. Kemudian dilanjutkan ke selatan hingga dekat perbatasan Kalimantan Tengah, melewati celah Pegunungan Meratus dan setelahnya ke timur laut hingga sampai Sepaku di IKN Nusantara, dan berakhir di Kota Balikpapan.
 
Greefion Kamil menjelaskan, sepanjang rute itu semua jenis kondisi jalan tersedia, mulai dari aspal mulus, jalan rusak dengan lubang-lubang besar, masuk jalan tanah keras hingga berlumpur, melintasi rawa-rawa dan menyeberang sungai.

“Mobil harus siap untuk segala macam medan, apakah lumpur, pasir, batu, atau rawa dan sungai.”  katanya.

Lanjutnya, sampai dengan Januari lalu, sudah 25 kendaraan yang terdaftar menjadi peserta. Sesuai sejarahnya, maka mobil yang digunakan harus Land Rover, walaupun tidak harus Land Rover 90 dan Land Rover 110 yang dipakai Camel Trophy saat itu.

Tercatat juga ada peserta dari Kuala Lumpur dan Perak, Malaysia, serta dari Tokyo, Jepang, juga dari Balikpapan dan Banjarmasin. Selain itu sebagian besar peserta Sumatra Tribute juga kembali turun.

“Selain berpetualang, kita juga ingin berwisata dan bersilaturahmi,” ujar dr Eri, salah satu peserta dari Surabaya. 
 

Pewarta: Novi Abdi

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023