Sejumlah informasi seputar Kalimantan Timur (Kaltim) ditayangkan  Kantor Berita ANTARA  Biro Kaltim pada Senin (1/5), mulai dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Samarinda terus memantau dan melakukan penanganan 33 ruas jalan terendam banjir akibat hujan lebat, hingga Partai Buruh menggelar aksi damai di depan Kantor DPRD Kaltim.

Beginilah rangkuman informasi seputar  Kaltim kemarin yang masih menarik untuk dibaca kembali.

1. Banjir melanda Samarinda saat hujan lebat

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Samarinda saat ini sedang memantau dan melakukan upaya penanganan banjir di 33 ruas jalan di kota yang berjuluk kota tepian yang terdampak dari hujan berintensitas sedang-lebat, tercatat info terkini pada Senin (1/5) pukul 19.10 WITA.

Banjir  tersebut hampir merata di semua kecamatan, namun yang terparah berada di wilayah Kecamatan Samarinda ulu dan juga Sungai  Kunjang, serta Samarinda Kota. Diimbau kepada warga Samarinda agar bertahan dulu jangan melintas jalan, karena bisa  mengakibatkan kemacetan, selain itu akan berdampak pada rusaknya mesin kendaraan.

Selengkapnya silahkan diklik.

2. Kapal Ferry PPU seberangkan 89.365 orang

PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) menyeberangkan sebanyak 89.368 orang di lintas Pelabuhan Penajam, Kabupaten Penajam Paser Utara, dan Pelabuhan Kariangau, Kota Balikpapan, di Provinsi Kalimantan Timur, sepanjang arus mudik dan balik Lebaran 2023.

Supervisi ASDP Pelabuhan Penajam Cabang Balikpapan Radmiadi di Penajam, Kaltim, Senin mengatakan dari jumlah tersebut, tercatat penumpang pejalan kaki sebanyak 4.700 orang dan penumpang di dalam atau di atas kendaraan sebanyak 84.668 orang.

Selengkapnya silahkan diklik.

3. Potensi hujan sedang dasarian I Mei

Berdasarkan peta prakiraan peluang hujan oleh BMKG, sebagian besar wilayah Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) masih berpeluang hujan sedang atau kategori menengah sepanjang Dasarian I Mei (1-10/5) dengan curah hujan 50-150 mili meter (mm).

Secara umum wilayah Kaltim diprakirakan terjadi hujan pada kategori menengah di kisaran 50-150 mm dengan peluang lebih dari 80 persen. Di wilayah Kabupaten Mahakam Ulu bagian selatan dan Kabupaten Kutai Barat bagian utara diprakirakan terjadi hujan pada kategori tinggi dengan curah hujan 150-300 mm.

Selengkapnya silahkan diklik.

4. Kasus pemblokir tambang di Kubar terus diproses

Polres Kutai Barat (Kubar) di Barong Tongkok terus memproses pemberkasan atas 13 tersangka kasus penutupan tambang batubara yang dikelola PT Energi Batu Hitam (EBH) oleh Erika Siluq dan kawan-kawan.

Pihak Polres Kubar bertindak setelah menerima laporan, melakukan penyelidikan dan penyidikan, memeriksa saksi, memeriksa para pelaku, mendengarkan keterangan ahli, melakukan gelar perkara hingga berkoordinasi dengan JPU (Jaksa Penuntut Umum).

Selengkapnya silahkan diklik.

5. Aksi buruh di depan DPRD Kaltim

Serikat pekerja Kalimantan Timur yang tergabung dalam Partai Buruh menyerukan aksi damai dengan enam tuntutan di depan DPRD Kaltim.

Pihaknya juga mengkritisi terkait outsourcing yang awalnya sesuai dibatasi dua kali, malah sekarang menjadi karyawan kontrak tanpa jangka waktu yang ditentukan.

Selengkapnya silahkan diklik.
 

Pewarta: Ahmad Rifandi

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023