Jumlah penumpang arus balik menggunakan bus Angkutan Kota Antarprovinsi (Akap) dari Samarinda, Kalimantan Timur ke Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Ahad ini mengalami penurunan ketimbang hari sebelumnya, dari 363 penumpang menjadi 284 penumpang. 


"Hari Sabtu kemarin jumlah penumpang dari Samarinda ke Banjarmasin sebanyak 363 orang, sedangkan hari ini tercatat ada 284 penumpang, berarti terjadi penurunan," ujar Humas Terminal Tipe A Samarinda Seberang Nor Jul Piansyah di Samarinda, Minggu. 

Arus balik dari Samarinda ke Banjarmasin maupun sebaliknya, hingga kini masih berjalan aman dan lancar, sedangkan banyaknya warga Samarinda yang balik ke Banjarmasin setelah berlebaran karena berbagai alasan, seperti ada yang bekerja maupun yang menempuh pendidikan di sana.

Rincian jumlah penumpang yang sebanyak 284 orang tersebut diberangkatkan oleh 13 bus, yakni bus milik Perusahaan Otobus (PO) Samarinda Lestari pukul 10.10 Wita sebanyak 18 orang, juga oleh bus PO Samarinda Lestari sebanyak 15 orang. 

Kemudian pada siang hari oleh bus milik PO Damri sebanyak 24 orang, Samarinda Lestari 14 orang, Pulau Indah Jaya 18 orang, Samarinda Lestari 25 orang, Samarinda Lestari 23 orang, PO Pulau Indah Jaya sebanyak 15 orang. 

Selanjutnya di sore hari hingga mendekati senja, penumpang yang diberangkatkan oleh bus milik PO Samarinda Lestari sebanyak 31 orang,  Pulau Indah Jaya 18 orang, PO Bintang Mas sebanyak 29 orang, Pulau Indah Jaya 36 orang, dan bus milik PO Samarinda Lestari sebanyak 28 orang.

Sebaliknya, lanjut Jul, sapaan akrabnya, arus balik dari Banjarmasin ke Samarinda jauh lebih banyak, yakni hari ini pihaknya kedatangan 13 bus yang total membawa 546 penumpang. 

Dari jumlah penumpang dari Banjarmasin sebanyak itu, katanya, tidak semuanya turun di terminal karena ada beberapa penumpang yang rumahnya lebih jauh jika turun di terminal, sehingga jumlah penumpang yang turun di jalan sebanyak 161 orang, sedangkan selebihnya yang sebanyak 385 orang turun di terminal. 

"Penumpang sebanyak 546 orang tersebut antara lain dengan bus yang tiba di Terminal Tipe A Samarinda Seberang antara pukul 06.00 - 07.00 Wita ada 105 orang, kemudian yang tiba antara pukul 10.00-11.00 Wita ada 173 penumpang," kata Jul. 

Pewarta: M.Ghofar

Editor : Abdul Hakim Muhiddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023