Aktivitas arus balik di Terminal Lempake Samarinda, Kalimantan Timur, baik dari Samarinda ke Bontang dan Sangatta maupun sebaliknya, pada Minggu, 30 April 2023 naik menjadi 305 penumpang, meningkat ketimbang hari sebelumnya. 


"Hari kemarin (Sabtu), aktivitas penumpang di sini baik yang berangkat maupun yang tiba total ada 266 penumpang, tapi hari ini naik menjadi 305 penumpang," ujar Koordinator Terminal Lempake Samarinda Suharyanto di Samarinda, Minggu. 

Rincian aktivitas penumpang sebanyak itu adalah jumlah penumpang dari Samarinda yang balik ke Bontang sebanyak 126 penumpang, sedangkan penumpang dari Bontang yang tiba di Terminal Lempake Samarinda sebanyak 47 orang. 

Kemudian penumpang dari Terminal Lempake Samarinda yang balik ke Sangatta, Kabupaten Kutai Timur sebanyak 69 orang, sedangkan dari Sangatta yang balik ke Samarinda sebanyak 63 orang. 

Jumlah arus balik baik dari maupun ke Samarinda yang masih terjadi, katanya, diantaranya karena ada warga Samarinda yang kerja di Bontang dan Sangatta, sementara warga dari dua daerah tersebut pun ada yang kerja di Samarinda, bahkan banyak juga yang kuliah di Samarinda. 

Ia melanjutkan, penumpang sebanyak itu diangkut bus milik beberapa perusahaan otobus (PO), seperti PO Bone Indah Jaya tiga kali membawa penumpang ke Bontang, masing-masing berjumlah 24, 25, dan 26 penumpang per bus. 

"Kemudian bus dari PO Arafat membawa 23 penumpang ke Bontang, lantas bus milik PO Sapu Lidi juga membawa 23 penumpang," ucap Yanto. 

Sedangkan arus balik dari Bontang yang turun di Terminal Lempake, diangkut dua kali oleh bus milik PO Bone Indah Jaya yang masing-masing sebanyak 26 dan 21 penumpang. 

Untuk arus balik ke Sangatta, lanjut ia, bus milik PO Bone Indah Jaya dua kali mengangkut penumpang dan bus PO Setia Mas sekali membawa penumpang, yakni masing-masing 21, 22, dan 26 orang. 

Sedangkan untuk penumpang dari Sangatta yang balik ke Samarinda, lanjutnya, ada tiga kali bus yang tiba di Samarinda, yakni PO Bone Indah Jaya dengan membawa 20 penumpang, kemudian bus PO Arafat dua kali tiba dengan penumpang masing-masing 19 dan 24 orang. 

Pewarta: M.Ghofar

Editor : Abdul Hakim Muhiddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023