Arus balik penumpang menggunakan bus Angkutan Kota Antar-Provinsi (AKAP) dari Samarinda, Kalimantan Timur menuju Banjarmasin, Kalimantan Selatan, dalam beberapa hari ini normal, karena masuk kerja dan sekolah dimulai pada Rabu, 26 April lalu.

"Untuk aktivitas pada Sabtu (29/4) misalnya, keberangkatan terakhir mendekati senja, tepatnya pukul 17.30 Wita. Sementara total penumpang Samarinda-Banjarmasin sebanyak 363 orang," ujar Humas Terminal Samarinda Seberang Nor Jul Piansyah di Samarinda, Minggu.

Banyaknya warga Samarinda yang balik ke Banjarmasin setelah berlebaran karena berbagai alasan, seperti ada yang bekerja maupun yang menempuh pendidikan di sana.



Ia mengatakan arus balik dari Samarinda ke Banjarmasin maupun sebaliknya, berjalan aman dan lancar, sedangkan jumlah penumpang ke Banjarmasin hari ini dan besok pun diperkirakan masih di kisaran kemarin dan hari sebelumnya.

Rincian jumlah penumpang sebanyak 363 orang pada Sabtu kemarin, penumpang yang diberangkatkan oleh Perusahaan Otobus (PO) Pulau Indah Jaya pukul 09.30 sebanyak 15 orang.

Kemudian pukul 11.00 Wita PO Bintang Mas membawa 20 penumpang, pukul 13.30 PO Indah Jaya membawa 11 penumpang, pukul 14.30 PO Indah Jaya membawa 34 penumpang.

Pada pukul 14.30 Wita tersebut ada juga empat bus lain yang membawa penumpang ke tujuan yang sama, yakni PO Samarinda Lestari dengan 24 penumpang, PO Bintang Mas 29 orang.

Berikutnya adalah bus milik PO Samarinda Lestari yang membawa 26 penumpang, bus PO Pulau Indah Jaya dengan mengangkut 26 penumpang ke Kalimantan Selatan.


Pada pukul 15.40 Wita, lanjut Jul, ada dua bus membawa arus balik ke Kalsel, keduanya adalah bus milik PO Pulau Indah Jaya yang masing-masing membawa 38 dan 17 penumpang.

Sekitar 16.30 Wita ada tiga bus berangkat, yakni milik PO Pulau Indah Jaya membawa 31 penumpang, PO Samarinda Lestari membawa 32 penumpang, dan PO Damri membawa 20 penumpang.

"Pada pukul 17.30 Wita ada dua bus yang membawa penumpang ke Kalimantan Selatan, keduanya adalah bus milik PO Samarinda Lestari, masing-masing membawa 22 dan 9 penumpang," kata Jul.

Pewarta: M.Ghofar

Editor : M.Ghofar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023